PENGEMBANGAN MEDIA PIPA BILANGAN BULAT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN HITUNG BILANGAN BULAT PADA PEMBELEJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 4 RUMBUK TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017

HIDAYAT, ANSYORUL (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PIPA BILANGAN BULAT UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN HITUNG BILANGAN BULAT PADA PEMBELEJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 4 RUMBUK TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ansyorul Hidayat. (2017). Pengembangan Media Pipa Bilangan Bulat Untuk Meningkatkan Keterampilan Hitung Bilangan Bulat Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas IV SDN 4 Rumbuk Tahun Pembelajaran 2016/2017. Skripsi. Program Studi pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Hamzanwadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pipa bilangan bulat pada mata pelajaran matematika kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan model Borg & Gall. Dari 10 tahapan yang ada, yang digunakan hanya 5 tahap yaitu tahap pra penelitian, analisis, desain (pembuatan prototype) & Produksi, validasi, uji coba dan revisi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 4 Rumbuk sebanyak 18 orang siswa. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini meliputi lembar validasi, angket dan tes hasil belajar siswa. Data yang diperoleh pada penelitian ini berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah perhitungan menggunakan skala lima untuk analisis hasil validasi media dan skala dua untuk analisis angket respon siswa. Hasil validasi dari ke dua ahli yaitu ahli materi dan ahli media menunjukkan kualifikasi baik dan sangat baik dengan jumlah nilai untuk ahli materi adalah 52 dengan ratarata 3,7 sedangkan nilai dari ahli media berjumlah 59 dengan rata-rata 4,2. Hasil respon angket siswa pada coba lapangan memperoleh responden sebanyak 136 yang menjawab “ya” dengan persentase 94,4% dan sedangkan yang menjawab “tidak” 8 responden dengan persentase 5,6 Sehingga dapat disimpulkan bahwa respon siswa pada media pipa bilangan adalah tinggi. Hasil analisis untuk tes belajar siswa pada uji coba lapangan, akan diuraikan sebagai berikut: Dalam uji coba lapangan, peneliti melibatkan lebih banyak siswa dibandingkan pada saat uji coba terbatas, jumlah siswa adalah 18 orang. Dan berdasarkan lampiran 9 mengenai hasil belajar siswa pada uji coba lapangan. Jumlah siswa yang tuntas adalah 15 orang dari 18 orang siswa, dengan nilai tertinggi adalah 100 dan nilai terendah 30, dengan jumlah rata-rata 76,6 sedangkan ketuntasan klasikalnya 83,3% dan KKM 65. Dengan demikian dapat disimpulkan media pipa bilangan bulat efektif digunakan dalam pembelajaran matematika. Kata Kunci: Pengembangan, Media, Pipa Bilangan Bulat

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Mr Jaelani Ahmad
Date Deposited: 16 Dec 2020 02:47
Last Modified: 16 Dec 2020 02:47
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3114

Actions (login required)

View Item View Item