MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI PENDEKATAN ANALISIS TRANSAKSIONAL DI SMP NEGERI 2 MASBAGIK TAHUN PELAJARAN 2017/2018

ABDULLAH, M (2018) MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI PENDEKATAN ANALISIS TRANSAKSIONAL DI SMP NEGERI 2 MASBAGIK TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (986kB)

Abstract

M. ABDULLAH, 2017, meningkatkan motivasi belajar melalui pendekatan analisi stransaksional di SMP Negeri 2 Masbagik Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling, Universitas Hamzanwadi Tujuan dari penelitian ini adalah: untuk mengetahui efektifitas pendekatan analisis transaksional dalam meningkatkan motivasi belajar siswa SMP Negeri 2 Masbagik tahun pelajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 163 siswa dan sampel berjumlah 61 siswa yang terdiri dari 32 siswa untuk kelas eksperimen dan 29 siswa untuk kelas control kelas IX. Metode penelitian adalah eksperimen pretest-posttest control group design dengan pengumpulan data yang digunakan adalah angket pengukuran peningkatan motivasi belajar siswa yang masing-masing terdiri dari 20 item dan 4 pilihan jawaban. Setelah dilakukan pengumpulan data pree test didapatkan, jumlah skor yang dicapai oleh 29 siswa untuk kelas kontrol 915 dengan skor rata-rata 31,55, dan untuk kelas eksperimen jumlah skor yang dicapai oleh 32 siswa yaitu 969 dengan skor rata-rata 30,28, setelah diberikan perlakuan berupa teknik pendekatan analisis transaksional terjadi peningkatan yang cukupsignifikan hal ini dapat dilihat dari hasil post-test pada kelas eksperimen yaitu menunjukan bahwa skor yang dicapai oleh 32 siswa adalah 1655 dengan skor rata-rata 51,71, sedangkan hasil angket post test pada kelas yang dijadikan kelas control menunjukan bahwaskor yang dicapai oleh 29 siswa adalah 1191 dengan skor rata-rata 41,06. Dengan demikian dapat disimpulkanbahwa: pendekatan analisis transaksional efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 2 Masbagik tahun pelajaran 2017/2018. Oleh sebab itu diharapkan kepada setiap guru pembimbing kedepan hendaknya memberikan pendekatan analisis transaksional dan dipadukan dengan layanan-layanan yang lain sehingga siswa dapat meningkatkan motivasi belajarnya. Kata Kunci: pendekatan analisis transaksional, motivasi belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Mr Jaelani Ahmad
Date Deposited: 17 Dec 2020 07:08
Last Modified: 17 Dec 2020 07:09
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3173

Actions (login required)

View Item View Item