PENGARUH BIMBINGAN KONSELING TERHADAP PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN SISWA KELAS X Di SMA AL MUKHTARIYAH MAMBEN

YUNUS, M (2017) PENGARUH BIMBINGAN KONSELING TERHADAP PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN SISWA KELAS X Di SMA AL MUKHTARIYAH MAMBEN. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (961kB)

Abstract

M.Yunus, NPM 11100117 Skripsi Yang Berjudul “Pengaruh Bimbingan Konseling Terhadap Pembentukkan Kepribadian Siswa Kelas X SMA AL Mukhtiariyah Mamben” dibimbing oleh M. Deni Siregar, M.Pd Kata kunci : bimbingan konseling, pembentukkan kepribadian siswa di SMA AL Mukhtariyah Mamben Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh kepribadian manusia merupakan gabungan dari berbagai konsep diri orang. Jika dikaji lebih dalam sebenarnya proses ini sudah berjalan dengan memberi pengalaman dan mewarnai perkembangan seseorang. jadi secara umum, dapat dikatakan bahwa kepribadian suatu proses dinamis di dalam diri yang terus menerus dilakukan terhadap sistem psikofisik (fisik dan mental), sehingga terbentuk pula penyesuaian diri yang unik atau kas pada setiap orang pada setiap lingkungan. Dalam pembahasan skripisi ini, yang menjadi rumusan masalah adalah (1) Bagaimanakah persiapan pelaksanaan bimbingan konseling pada siswa di SMA AL Mukhtariyah Mamben? (2) Bagaimanakah langkah-langkah pelaksanaan pembentukkan kepribadian siswa di SMA AL Mukhtariyah Mamben? (3) Adakah pengaruh bimbingan konseling terhadap pembentukan kepribadian siswa di SMA AL Mukhtariyah Mamben? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan konseling pada siswa di SMA AL Mukhtariyah Mamben. (2) Untuk mengetahui langkah-langkah pembentukkan kepribadian siswa di SMA AL Mukhtariyah Mamben (3) Untuk Mengetahui pengaruh bimbingan konseling terhadap pembentukan kepribadian siswa di SMA AL Mukhtariyah Mamben Skripsi ini bermanfaat bagi penulis untuk mengembangkan ilmu teoritis yang diterima di bangku kuliah, dengan diterapkan di lokasi penelitian, sehingga peneliti dapat menganalisa, dan mengumpulkan hasil data yang ada, sehingga mengetahui bimbingan konseling terhadap kepribadian siswa di SMA AL Mukhtariyah Mamben. Bagi guru Bimbingan konseling hasil penelitian ini dapat dijadikan pijakan atau masukan dalam rangka penyempurnaan bimbingan konseling terhadap kepribadian siswa di SMA AL Mukhtariyah Mamben untuk tahun berikutnya yang lebih baik. Bagi peneliti selanjutnya hasil penelitian ini bisa dijadikan pijakan atau acuan untuk penelitian selanjutnya. Dalam penelitian ini digunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi sebagai tahapan melihat langsung proses pemberian bimbingan konseling terhadap pembantukan kepribadian siswa. Sedangkan wawancara digunakan untuk menggali tentang data tentang bimbingan konseling. dan dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang sejarah berdirinya SMA AL Mukhtariyah Mamben. Untuk analisa data pada skripsi ini menggunakan analisa data kuantitatif. Kesimpulan dari penelitian kuantitatif diatas menunjukkan adanya pengaruh signifikan antara bimbingan konseling dengan pembentukkan kepribadian siswa mempunyai koefisien korelasi product moment 0,993, dengan demikian nilai pada perhitungan lebih besar pada nilai 0,230. Jadi signifikan pembentukan kepribadian siswa ini sangat rendah dapat dilihat dari tabel intepretasi “r” pada lampiran 7 halaman 117-119.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Mr Jaelani Ahmad
Date Deposited: 17 Dec 2020 07:43
Last Modified: 17 Dec 2020 07:43
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3175

Actions (login required)

View Item View Item