KORELASI KEBIASAAN MEMBACA KORAN DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII MTS. HIZBUL WATHAN NW SEMAYA TAHUN AJARAN 2017/2018

FIKRI, ZUL (2019) KORELASI KEBIASAAN MEMBACA KORAN DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII MTS. HIZBUL WATHAN NW SEMAYA TAHUN AJARAN 2017/2018. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI ZUL FIKRI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kebiasaan membaca koran pada siswa kelas VIII MTs. Hizbul Wathan NW Semaya; (2) mendeskripsikan kemampuan menulis teks berita pada siswa kelas VIII MTs. Hizbul Wathan NW Semaya; (3) menguji korelasi antara kebiasaan membaca koran dengan kemampuan menulis teks berita pada siswa kelas VIII MTs. Hizbul Wathan NW Semaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatifdengan analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs. Hizbul Wathan NW Semaya dengan jumlah 186 siswa. Sampel penelitian dipilih menggunakan teknik simple random sampling untuk menentukan sampel. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs. Hizbul Wathan NW Semayadengan jumlah55 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode angket dan tes tulis. Uji persyaratan analisis yang digunakan adalah uji normalitas dan linearitas. Teknik analisis yang digunakan adalah korelasi Product Moment dengan komputer program SPSS 16. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan: (1) kebiasaan membaca koran siswa kelas siswa kelas VIII MTs. Hizbul Wathan NW Semaya dengan jumlah sampel 55 siswa dapat diketahui bahwa sebanyak 32,73% (18 siswa) berada pada kategori tinggi, 61,82% (34 siswa) berada pada kategori sedang, dan 5,45% (3 siswa) berada pada kategori rendah; (2) kemampuan menulis teks berita siswa kelas siswa kelas VIII MTs. Hizbul Wathan NW Semaya dengan jumlah sampel 302 siswa dapat diketahui bahwa sebanyak 10,91% (6 siswa) berada pada kategori tinggi, 83,64 (46 siswa) berada pada kategori sedang, dan 5,45% (3 siswa) berada pada kategori rendah; (3) ada korelasi yang positif dan signifikan antara kebiasaan membaca koran dengan kemampuan menulis teks berita siswa kelas siswa kelas VIII MTs. Hizbul Wathan NW Semaya dengan rhitung 0,226 dan rtabel (N=55) adalah 0,107 pada taraf signifikansi 5% dan koefisien determinasi 5,10%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada korelasi antara kebiasaan membaca koran dengan kemampuan menulis teks berita. Kata kunci: Kebiasaan Membaca, Kemampuan Menulis, Siswa MTs.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Indonesia > Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni, dan Humaniora > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 19 Dec 2020 04:41
Last Modified: 19 Dec 2020 04:41
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3201

Actions (login required)

View Item View Item