PENGARUH KONSELING REALITA TERHADAP PEMBENTUKAN KEMANDIRIAN SISWA DI SMK AL-MUKHTARI NW BUNGTIANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

ANGGARA, INDRA (2018) PENGARUH KONSELING REALITA TERHADAP PEMBENTUKAN KEMANDIRIAN SISWA DI SMK AL-MUKHTARI NW BUNGTIANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Indra Anggara : Pengaruh Konseling Realitas Terhadap Kemandirian Siswa Kelas XI SMK Al-Mukhtary NW Bungtiang Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseli. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Hamzanwadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling realita terhadap kemandirian siswa kelas XI SMK Al-Mukhtary NW Bungtiang tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian eksperimen Subyek Tunggal (Single Subject Design). Subjek penelitian ini adalah seorang siswa kelas XI TKJ . Teknik pengumpulan data menggunakan angket kemandirian belajar siswa dan dianalis dengan menggunakan data kuantitatif berupa angka-angka yang diolah menggunakan statistik sederhana dan data kualitatif dideskripsikan dan diolah menggunakan analisis naratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data kondisi awal siswa sebelum diberikan konseling individual yang diperoleh menggunakan angket kemandirian belajar dengan total skor 43 yang termasuk pada kategori rendah. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh katakteristik kemandirian siswa, yaitu: (1) Klien merasa tidak bersemangat kesekolah keika terlambat. (2)Klien malas ke perpustakaan karena sekolah tidak pernah menyiapkan fasilitas. (3) Saya sudah punya rencana, jika tidak lanjut kuliah. (4)Klien merasa sedih saat terlambat ke sekolah, dan klien berjanji tidak akan mengulanginya lagi. (5) Klien bisa menerima nilai rendah dari guru, meski kelien berhak mendapat yang lebih tinggi. Pada fase intervensi setelah siswa diberikan treatment layanan konseling dengan pendekatan realitas diperoleh total skor sebesar 52 yang termasuk pada kategori sedang. Sehingga kesimpulan dari penelitian ini adalah konseling individual dengan teknik konseling realitas memiliki pengaruh untuk mengatasi masalah kemandirian siswa kelas XI TKJ SMK Al- Mukhtary NW Bungtiang. Kata Kunci: Teknik Konseling Realitas, Kemandirian Siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Kebijakan Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Mr Jaelani Ahmad
Date Deposited: 22 Dec 2020 03:29
Last Modified: 22 Dec 2020 03:29
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3270

Actions (login required)

View Item View Item