PENGARUH KONSELING EKSISTENSIAL HUMANISTIK UNTUK MENGATASI MASALAH PENYESUAIAN DIRI SISWA DI SMA NW PANCOR TAHUN PELAJARAN 2017/2018

HELPIANA, NOVIA (2018) PENGARUH KONSELING EKSISTENSIAL HUMANISTIK UNTUK MENGATASI MASALAH PENYESUAIAN DIRI SISWA DI SMA NW PANCOR TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

NOVIA HELPIANA, 2017. “Pengaruh konseling Eksistensial humanistik untuk mengatasi masalah penyesuaian diri siswa padakelas XI SMA NW Pancor tahun pelajaran 2017/2018” Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Hamzanwadi 2017/2018. Pembimbing I : Dr. Syukri, M.Ap.Kons dan Pembimbing II : M. Deni Siregar, M.Pd Kata kunci : Konseling Eksistensial Humanistik Dan Masalah Penyesuaian Diri Siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling Eksistensial Humanistik untuk mengatasi masalah penyesuaian diri siswa pada kelas XI SMA NW Pancor tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan satu orang siswa yang memiliki masalah penyesuaian diri rendah yang diambil sebagai sampel. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian subjek tunggal dengan prosedur desain A-B-A. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan angket. Data yang diperoleh dari angket kemudian dianalisis menggunakan rumus eksperimen subjek tunggal dengan menghitung banyak sekor yang didapatkan sebelummendapattreatmenlayanankonseling dan menghitung banyak sekor yang didapatkan setelahmendapattratmenlayanankonseling. kemudian dipadukan antara kedua sekor tersebut untuk mengetahui pengaruh sebelum dan sesudah diberikan layanankonseling individual.Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelumtreatmenmendapatkan total sekor 81 termasukkategorimasalahberatsekalidan setelahtreatmen mendapatkan sekor 59 termasukkategorimasalahringan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh pemberian layanan konseling eksistensial humanistik untukmengatasimasalah penyesuaian diri siswa pada kelas XI SMA NW Pancor tahun pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Kebijakan Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Mr Jaelani Ahmad
Date Deposited: 22 Dec 2020 07:18
Last Modified: 22 Dec 2020 07:19
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3292

Actions (login required)

View Item View Item