EFEKTIVITAS SELF-TALK TERHADAP PENURUNAN KECEMASAN SISWA KELAS XI TKJ 1 SMK NEGERI 1 SELONG TAHUN PELAJARAN 2018/2019 PASCA GEMPA LOMBOK

ANWAR, NURUL (2019) EFEKTIVITAS SELF-TALK TERHADAP PENURUNAN KECEMASAN SISWA KELAS XI TKJ 1 SMK NEGERI 1 SELONG TAHUN PELAJARAN 2018/2019 PASCA GEMPA LOMBOK. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI NURUL ANWAR (15100030).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas self-talk dalam menurunkan kecemasan siswa kelas XI TKJ 1 SMK negeri 1 Selong tahun pelajaran 2018/2019 pasca gempa Lombok. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian eksperimen Subyek Tunggal (Single Subject Design). Subjek penelitian ini adalah seorang siswa kelas XI TKJ 1. Teknik pengumpulan data menggunakan instrimen kecemasan siswa pasca gempa Lombok, observasi dan wawancara. Kemudian dianalis dengan menggunakan data kuantitatif berupa angka-angka yang diolah menggunakan statistik sederhana dan data kualitatif dideskripsikan dan diolah menggunakan analisis naratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data kondisi awal siswa sebelum diberikan self-talk melalui konseling individu yang yang diperoleh menggunakan instrimen kecemasan siswa pasca gempa Lombok dengan total skor 75 yang termasuk pada kategori cemas, karena berada pada rentang antara 60,02 s/d < 80,06. Berdasarkan katakteristik siswa yang mengalami kecemasan pasca gempa Lombok, yaitu: (1) siswa panik ketika ada guncangan tanah, (2) jantung siswa berdebar lebih cepat ketika ada getaran dari tanah, (3) kaki siswa bergetar ketika bumi berguncang, (4) kehawatiran siswa terhadap bayang-bayangan peristiwa gempa bumi, (5) rasa hampa dan pikiran kosong yang dialami siswa pasca gempa bumi. Pada fase intervensi setelah siswa diberikan treatment self-talk melalui konseling individu total skor sebesar 38 yang termasuk pada kategori tidak cemas, karena berada pada rentang 19,94 s/d < 39,98. Sehingga kesimpulan dari penelitian ini adalah self-talk efektif untuk menurunkan kecemasan siswa kelas XI TKJ 1 SMK Negeri 1 Selong pasca gempa lombok Kata Kunci: self-talk, kecemasan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 22 Dec 2020 08:19
Last Modified: 22 Dec 2020 08:19
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3306

Actions (login required)

View Item View Item