IMPLEMENTASI METODE BERCERITA MENGGUNAKAN MEDIA BONEKA TANGAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK SPEECH DELAY DI TK SA’ADATUL ISLAMIYAH NW TEMBENG PUTIK

ISMI, LAILATUL (2018) IMPLEMENTASI METODE BERCERITA MENGGUNAKAN MEDIA BONEKA TANGAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK SPEECH DELAY DI TK SA’ADATUL ISLAMIYAH NW TEMBENG PUTIK. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya hambatan atau gangguan keterlambatan berbicara yang dialami anak speech delay di sekolah. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh gambaran yang obyektif tentang implementasi metode bercerita menggunakan media boneka tangan dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak speech delay. Subjek penelitian ini adalah seorang anak speech delay di TK Sa’adatul Islamiyah NW Tembeng Putik. Untuk mencapai tujuan diatas, maka penelitian ini menggunakan metode Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Data yang diperoleh disajikan dalam bentuk grafik dan dianalisis melalui statistic deskriptif sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan persentase kemampuan berbicara setelah diberikan intervensi melalui penerapan metode bercerita menggunakan media boneka tangan. Peningkatan tersebut dapat dilihat dengan adanya peningkatan pada fase baseline-1 (A1) ke fase intervensi (B) sebesar 5%, dan pada fase intervensi (B) ke fase baseline-2 (A2) sebesar 9%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan berbicara anak speech delay berpengaruh signifikan melalui penggunaan media boneka tangan. Kata kunci: kemampuan berbicara, speech delay, metode bercerita, media boneka tangan, penelitian eksperimen

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Mr Jaelani Ahmad
Date Deposited: 23 Dec 2020 03:59
Last Modified: 23 Dec 2020 03:59
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3342

Actions (login required)

View Item View Item