PENGEMBANGAN MODIFIKASI PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP GERAK DASAR LOMPAT JAUH UNTUK SISWA MI KELAS V

IHSANI, HAZIMUL (2018) PENGEMBANGAN MODIFIKASI PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP GERAK DASAR LOMPAT JAUH UNTUK SISWA MI KELAS V. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran pendidikan jasmani khususnya di tingkat sekolah dasar pada materi lompat jauh tidak banyak menjadi perhatian. Kurang antusiasnya peserta didik dalam belajar menjadi salah satu pengaruhnya. Kurangnya variasi, metode, dan model dalam setiap aktivitas pembelajaran pendidikan jasmani akan menyebabkan munculnya kebosanan seseorang yang pada akhirnya akan mengurangi daya minat (Zafar, 2010). Usia sekolah dasar merupakan usia bermain, maka belajar sambil bermain bisa jadi satu kesatuan yang menutupi permasalah tersebut. Sehingga dalam penelitian ini bagaimana membuat materi dasar lompat jauh itu bisa dipelajari dan diterapkan dalam bentuk permainan khususnya permainan tradisional. Penelitian ini akan menghasilkan model pembelajaran gerak dasar lompat jauh melalui permainan tradisional, kemudian dikemas dalam buku petunjuk dan video pelaksanaan sehingga sangat membantu keefektifan proses pembelajaran, penyampaian pesan dan isi pembelajaran. Berdasarkan alasan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengembangan model pembelajaran, mengetahui kelayakan dan keefektifan dari produk pembelajaran yang dikembangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan mengacu pada model pengembangan Borg and Gall, 1983. Dengan sepuluh tahapan, yaitu (1) analisis kebutuhan, (2) perencanaan, (3) pembuatan draf produk awal, (4) uji coba kelompok kecil, (5) revisi produk awal, (6) validasi ahli, (7) revisi produk, (8) uji coba kelompok besar, (9) kajian produk akhir, dan (10) produk masal. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner (angket). Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian pengembangan ini memenuhi kriteria baik/layak, dengan perolehan skor validitas menunjukkan bahwa ahli penjas 85,3%, ahli media 91% dengan persentase validitas keseluruhan data ahli sebesar 88% (baik) dan respon siswa pada uji coba kelompok kecil (N=10) menunjukkan hasil 84% (baik) sedangkan uji coba kelompok besar (N=16) menunjukkan hasil 85% (baik). Berdasarkan hasil data yang diperoleh tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran melalui modifikasi permainan tradisional pada materi dasar lompat jauh layak digunakan dalam proses pembelajaran penjasorkes untuk siswa MI kelas V. Kata Kunci: Pengembangan, Modifikasi Permainan Tradisional, Lompat Jauh

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Depositing User: Mr Jaelani Ahmad
Date Deposited: 29 Dec 2020 02:32
Last Modified: 29 Dec 2020 02:32
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3396

Actions (login required)

View Item View Item