PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK B DI TK ISLAM SELONG TAHUN AJARAN 2019-2020

RENGGANIS, DYAH AYU (2019) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK B DI TK ISLAM SELONG TAHUN AJARAN 2019-2020. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik terhadap perkembangan kognitif Anak kelompok B4 di TK Islam Selong Tahun 2019/2020. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, dengan metode penelitian eksperimental dengan desain Pre-Eksperimental menggunakan jenis One Grup Pretest-Posttest.Subjek penelitian ditentukan dengan teknik random sampling dengan jumlah subjek sebanyak 19 anak kelompok B4.Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan pendekatan saintifik terhadap perkembangan kognitif anak (thitung= 4,33 > ttabel= 1,734) sehingga hipotesisnya diterima. Adanya perbedaan terhadap perkembangan kognitif anak, dengan prstest diperoleh rata-rata total presentase keseluruhan 31% yang dicapai oleh semua anak dengan termasuk dalam persentase kategori penilaian “Mulai Berkembang (MB)” dan setelah dilaksanakan perlakuan atau posttest diperoleh total rata-rata persentase keseluruhan meningkat dari sebelumnya yakni 68% dengan kategori penilaian “Berkembang Sesuai Harapan (BSH)”. Kata Kunci: pendekatan saintifik, , perkembangan kognitif anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 04 Jan 2021 03:21
Last Modified: 04 Jan 2021 03:21
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3451

Actions (login required)

View Item View Item