PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL IWAK TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK B2 DI TK NEGERI PEMBINA SUKAMULIA

TRISNAWATI, IKA (2019) PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL IWAK TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK B2 DI TK NEGERI PEMBINA SUKAMULIA. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI FIX.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional iwak terhadap perkembangan kognitif anak kelompok B2 di TK Negeri Pembina Sukamulia. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, dengan mtode eksperimen dengan desain Pre-Eksperimental menggunakan jenis One Group Pretest—osttest. Subjek penelitian ditentukan dengan teknik sampel jenuh dengan jumlah subjek sebanyak 16 anak kelompok B2. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan uji t. teknik analisis data menggunakan analisis data observasi, uji validitas, uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan permainan tradisional iwak terhadap perkembangan kognitif anak (thitung = 17,784) > ttabel (1,75305) sehingga hipotesisnya diterima. Adanya perbedaan terhadap perkembangan kognitif anak, dengan pretest diperoleh rata-rata total persentase keseluruhan 35% yang dicapai oleh semua anak dengan termasuk dalam persentase kategori penilaian”Mulai Berkembang (MB)” dan setelah diberi perlakuan dan posttest diperoleh total rata-rata persentase keseluruhan meningkat dari sebelumnya yaitu 78% dengan kategori penilaian “Berkembang Sangat Baik (BSB)”. Kata Kunci: Permainan tradisional iwa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 04 Jan 2021 03:43
Last Modified: 04 Jan 2021 03:43
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3455

Actions (login required)

View Item View Item