MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI KELOMPOK B2 TK MAHKOTA SELONG TAHUN AJARAN 2018/2019

NURI, LIKA SARTIKA (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI KELOMPOK B2 TK MAHKOTA SELONG TAHUN AJARAN 2018/2019. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI LIKA SARTIKA NURI_compressed.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode bermain peran dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak di kelompok B2 di TK Mahkota Selong tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu guru berperan langsung dalam proses pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B2 TK Mahkota Selong tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah anak 25 anak. Sedangkan objek penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berbicara anak melalui metode bermain peran di kelompok B2 Mahkota Selong. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentasi terhadap kemampuan berbicara anak kelompok B2 TK Mahkota Selong pada pra tindakan mencapai 40% untuk alternatif jawaban “Ya” dengan kategori “Tidak Baik”. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I dengan penerapan metode Bermain Peran, kemampuan berbicara anak meningkat menjadi 61,3% untuk alternatif jawaban “Ya” dengan kategori “Cukup Baik”. Adapun setelah dilakukan perbaikan pada siklus II kemampuan berbicara pada anak semakin meningkat menjadi 78% untuk alternatif jawaban “Ya” dengan kategori “Sangat Baik”. Artinya ada peningkatan yang signifikan terhadap kemampuan berbicara pada anak kelompok B2 TK Mahkota Selong. Kata kunci: KemampuanBerbicara, Metode BermainPeran, PTK

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 04 Jan 2021 06:40
Last Modified: 04 Jan 2021 06:40
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3460

Actions (login required)

View Item View Item