PENGARUH PENGGUNAAN POHON PINTAR UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA JAMIATUL MU’MIN PAOK PAMPANG TAHUN AJARAN 2018/2019

MUSTIKA, MUSTIKA (2019) PENGARUH PENGGUNAAN POHON PINTAR UNTUK MENSTIMULASI KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA JAMIATUL MU’MIN PAOK PAMPANG TAHUN AJARAN 2018/2019. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pohon pintaruntuk menstimulasi kemampuan kognitif anakkelompok B2 di RA Jamiatul Mu’min Paok Pampang Tahun 2019. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, dengan metode penelitian eksperimental dengan desain preEksperimental menggunakan jenis One Group Pretest-Posttest. Subjek sebanyak 20 anak kelompok B2. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan uji t. teknik analisis data yang digunakan analisis data observasi, uji validitas, uji normalitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan media pohon pintar dalam menstimulasi kemampuan kognitif anak (thitung 7,009 > ttabel 1,72913) sehingga hipotesis diterima. Adanya perbedaan terhadap kemampuan kognitif anak, dengan pretest diperoleh rata-rata total persentase keseluruhan 27% yang dicapai oleh semua anak dengan termasuk dalam persentase kategori penilaian “ Mulai Berkembang” dan setelah diberikan perlakuan atau posttest diperoleh total rata-rata persentase keseluruhan meningkat dari sebelumnya yakni 82% dengan kategori penilaian “ Berkembang Sangat Baik”. Kata kunci: Pohon pintar, perkembangan kemampuan kognitif anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 04 Jan 2021 07:06
Last Modified: 04 Jan 2021 07:06
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3464

Actions (login required)

View Item View Item