PENGARUH PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SDN 1 SAMBELIA TAHUN 2018/2019

SEPTIANA, DINI (2018) PENGARUH PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SDN 1 SAMBELIA TAHUN 2018/2019. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah tingkat pendidikan orang tua mempengaruhi motivasi belajar siswa di SDN 1 Sambelia. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian Kualitatif Deskriftif. Subjek penelitian ini adalah semua kelas VI berjumlah 10 orang dengan pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara siswa, orang tua siswa, dan guru observasi proses pembelajaran, dan dokumentasi narasumber dan proses belajar mengajar. Analisis data penelitian menggunakan Milles And Huberman Model Alir. Dari hasil wawancara siswa, orang tua siswa dan guru di SDN 1 Sambelia peneliti dapat menyimpulkan peneilitian ini bahwa ada pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap motivasi belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari pola asuh orang tua yang berbeda-beda terutama pada pengontrolan anak dalam belajar yang masih kuarang dilakukan oleh orang tua yang berpendidikan rendah mengakibatkan anak kurang disiplin mengikutu jadwal belajar yang telah di buat sendiri. Selain itu manajmen waktu belajar yang kurang baik dimana anak lebih banyak menghabiskan waktu untuk bermain dan membantu pekejaan orang tua dirumah yang mengakibatkan anak tidak siap belajar ketika kembali kesekolah hal ini mengakibatkan motivasi belajar anak rendah. Kata kunci: pendidikan orang tua, motivasi belajar v

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Jaelani Ahmad
Date Deposited: 05 Jan 2021 02:36
Last Modified: 05 Jan 2021 02:36
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3478

Actions (login required)

View Item View Item