PENGEMBANGAN MEDIA FLANELGRAF BERBASIS MIND MAPPING PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN ALAT INDRA DAN PEMELIHARAANNYA PADA KELAS IV SEKOLAH DASAR

KIRANA SARI, ELIN (2018) PENGEMBANGAN MEDIA FLANELGRAF BERBASIS MIND MAPPING PELAJARAN IPA POKOK BAHASAN ALAT INDRA DAN PEMELIHARAANNYA PADA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
Skripsi_.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Skripsi_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hasil belajar dengan menggunakan media yang dikembangkan dan bagaimana kelayakan media yang dikembangkan dan digunakan dalam proses pembelajaran dengan menggunakan media Flanelgraf berbasis Mind Mapping pada mata pelajaran IPA pokok bahasan alat indra dan pemeliharaannya pada kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang diadaptasi dari model pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari 10 langkah pengembangan tetapi disederhanakan menjadi 7 langkah. Hasil analisis dari ahli media menunjukkan bahwa media termasuk dalam kategori baik layak digunakan dengan rentang 40,8 < X ≤ 50,4. Dari hasil ahli materi menunjukkan media masuk dalam kategori baik (layak digunakan) dengan rentang 51 < X ≤ 63. Data tes hasil evaluasi belajar siswa skala besar yaitu rata-rata 81,16 dengan ketuntasan klasikal 86,6. Sedangkan data respon siswa pada uji coba skala besar memiliki rata-rata 100 %. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Flanelgraf berbasis Mind Mapping layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Kata kunci : media, flanelgraf, mind mapping, model Borg and Gall

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Jaelani Ahmad
Date Deposited: 05 Jan 2021 03:42
Last Modified: 05 Jan 2021 03:42
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3481

Actions (login required)

View Item View Item