MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA KARTU BERGAMBAR PADA SISWA KELOMPOK B1 DI TK DARMA WANITA MASBAGIK UTARA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

NURIANTI, RIRI (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA KARTU BERGAMBAR PADA SISWA KELOMPOK B1 DI TK DARMA WANITA MASBAGIK UTARA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui media kartu bergambar pada siswa kelompok B1 di TK Darma Wanita Masbagik Utara. Hal ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca permulaan siswa. Penelitian ini merupakan Tindakan Kelas kolaboratif menggunakan model penelitian dari Kemmis dan Mc Taggart yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian yakni 17 siswa Kelompok B1 yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Objek penelitian yakni kemampuan membaca permulaan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan berupa instrumen lembar observasi yang berbentuk check list, indikator yang diteliti yakni indikator kemampuan menyebutkan mengenal huruf, mengghucapkan sesuai dengan bentukm huruf, mengenal gambar, mengetahui gambar yang diperlihatkan, membaca kata. Teknik analisis data dilakukan melalui deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah jika persentase masing-masing indikator kemampuan membaca permulaan pada siswa telah mencapai ≥80% dengan kriteria baik. Hasil penelitian menunjukan bahwa media kartu bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan. Pada tahap Pratindakan persentase rata-rata ketercapaian siswa baru mencapai presentase 23,52%, pada pelaksanaan Siklus I presentase yang dicapai sebesar 52,94%, dan pencapaian kemampuan membaca permulaan pada Siklus II sebesar 82,35. Nilai pada akhir siklus II tersebut telah mencapai targer indicator keberhasilan yaitu ≥80% sehingga dapat disimpulkan bahwa media kartu bergambar dapat meningkat kemampuan membaca permulaan pada siswa kelompok B1 di TK Darma Wanita Masbagik Utara. Kata kunci: kemampuan membaca permulaan, media kartu bergambar, PTK

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 05 Jan 2021 03:00
Last Modified: 05 Jan 2021 03:00
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3483

Actions (login required)

View Item View Item