ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI IPS KELAS VI SDN 1 MASBAGIK SELATAN TAHUN AJARAN 2018/2019

A’LA, AHMAD RAFIKUL (2019) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI IPS KELAS VI SDN 1 MASBAGIK SELATAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan belajar siswa dalam memahami materi IPS siswa kelas VI SDN 1 Masbagik Selatan tahun pembelajaran 2018/2019. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI di SDN 1 Masbagik Selatan tahun Pembelajaran 2018/2019. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling. Kelas VI B sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumen. Data dianalisis menggunakan model Miles dan Hubberman (1984). Penelitian di kelas VI B SDN 1 Masbagik Selatan menunjukkan hasil faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan memahami materi IPS, yakni faktor internal dan eksternal. Faktor internal berupa: motivasi, dan Faktor eksternal berupa: peran orang tua dan sekolah(guru). Kata Kunci: Analisis, Kesulitan Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 05 Jan 2021 07:35
Last Modified: 05 Jan 2021 07:35
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3506

Actions (login required)

View Item View Item