A’LA, AHMAD RAFIKUL (2019) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI IPS KELAS VI SDN 1 MASBAGIK SELATAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.
Text
SKRIPSI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan belajar siswa dalam memahami materi IPS siswa kelas VI SDN 1 Masbagik Selatan tahun pembelajaran 2018/2019. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI di SDN 1 Masbagik Selatan tahun Pembelajaran 2018/2019. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling. Kelas VI B sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumen. Data dianalisis menggunakan model Miles dan Hubberman (1984). Penelitian di kelas VI B SDN 1 Masbagik Selatan menunjukkan hasil faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan memahami materi IPS, yakni faktor internal dan eksternal. Faktor internal berupa: motivasi, dan Faktor eksternal berupa: peran orang tua dan sekolah(guru). Kata Kunci: Analisis, Kesulitan Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | SIP M Kasyful Qomari |
Date Deposited: | 05 Jan 2021 07:35 |
Last Modified: | 05 Jan 2021 07:35 |
URI: | http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3506 |
Actions (login required)
View Item |