PENERAPAN MODEL PELAJARAN VIZUALZATION AUDOTORY ESTETIC ( (VAK) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KEAS IV SDN 1 SETANGGOR KECAMATAN SUKAMULIA TAHUN PELAJARAN 2018/2019.

WIRIA WIJAYA, HIDAYAT (2018) PENERAPAN MODEL PELAJARAN VIZUALZATION AUDOTORY ESTETIC ( (VAK) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KEAS IV SDN 1 SETANGGOR KECAMATAN SUKAMULIA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKN kelas IV SDN 1 Setanggor tahun pelajaran 2018/2019 pada materi sistem pemerintahan desa dan pemerintah kecamatan Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action reseach). Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV, berjumlah siswa 26 orang. Laki-laki 8 orang dan perempuan 22 orang, pada SDN 1 Setanggor. Yang dilaksanakan di bulan Juli sampai Agustus 2018. Penelitian ini dilaksanakan dalam II siklus terdiri dari empat tahap, kegiatan (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Untuk mempermudah peneliti dalam mengumpulkan data dan memperoleh hasil lebih baik, dalam instrumen penelitian terdapat pedoman kegiatan guru, observasi dan Tes Hasil Belajar (THB). Data yang diperoleh yaitu hasil observasi dianalisis secara deskriftif untuk setiap siklus. Setiap siklus terdiri atas 3 pertemuan, 2 pertemuannya untuk pengajaran dan 1 pertemuan untuk evaluasi. Dari hasil observasi Pada siklus I pertemuan pertama diperoleh skor sikap belajar siswa sebesar 55% dengan kategori cukup aktif dan pada pertemuan ke dua observasi aktivitas siswa sebesar 66% dengan kategori aktif sedangkan nilai rata-rata prestasi belajar siswa sebesar 75 dan persentase ketuntasannya 78%. Pada siklus keII skor aktifitas siswa untuk pertemuan 1 sebesar 77 % dengan kategori aktif dan pada prtemuan ke2 sebesar 83% dengan kategori aktif sedangkan hasil evaluasi siswa diperoleh nilai rata-rata 79dengan ketuntasan klasikal 88%. Dari hasil siklus I dan II disimpulkan bahwa penerapan model pelajaran Visualization Auditory Kinestetic (VAK) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SDN 1 Setanggor tahun pembelajaran 2018/2019. Kata kunci :Prestasi Belajar, Metode Visulization Auditory Kinestetic (VAK)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Jaelani Ahmad
Date Deposited: 05 Jan 2021 08:16
Last Modified: 05 Jan 2021 08:16
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3511

Actions (login required)

View Item View Item