MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA INTENSIF DENGAN PENDEKATAN OTENTIK LEARNING SISWA KELAS IV SDN 2 MONTONG TANGI TAHUN AJARAN 2017/2018

ASMAYANI, HIDAYATUL (2018) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA INTENSIF DENGAN PENDEKATAN OTENTIK LEARNING SISWA KELAS IV SDN 2 MONTONG TANGI TAHUN AJARAN 2017/2018. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sampai mana kemampuan membaca intensif siswa serta meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca intensif itu sendiri dengan pendekatan otentik learning siswa kelas IV SDN 2 Montong Tangi tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 2 Montong Tangi, Kecamatan Sakra Timur, Kabupaten Lombok Timur yang terdiri dari 29 siswa. Prosedur pada penelitian ini menggunakan dua siklus. Setiap siklusnya melalui empat tahapan: tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Instrumen penelitian ini yaitu observasi dan tes, observasinya mencakup aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung serta sikap guru dalam mengajar. Adapun tes diberikan kepada siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan otentik learning. Indicator keberhasilan penelitian ini dilihat Dari hasil tes siswa yang secara klasikal mencapai 85% dan siswa secara individual mendapatkan nilai >65. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pendekatan ontentik learning dapat meningkatkan kemampuan membaca intensif siswa kelas IV SDN 2 Montong Tangi tahun ajaran 2017/2018. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari tes yang diberikan pada siklus II, karna siklus I belum dapat dilihat peningkatan dikarenakan indicator keberhasilannya belum tercapai. Pada siklus I ketuntasan klasikal 73,9% dengan nilai rata-rata 81,37. Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan ketuntasan klasikal sebesar 89,65% nilai rata-rata 83,8. Dengan hasil tersebut telah memenuhi indicator keberhasilan yang peneliti tentukan yakni melebihi 85%. Kata Kunci: Pedekatan Otentik Learning, Kemampuan, Membaca Intensif

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Jaelani Ahmad
Date Deposited: 05 Jan 2021 08:23
Last Modified: 05 Jan 2021 08:24
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3512

Actions (login required)

View Item View Item