EFEKTIFITAS PENDEKATAN RME BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS III SDN 2 SANDUBAYA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

IKHSAN, HIDAYATUL (2018) EFEKTIFITAS PENDEKATAN RME BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS III SDN 2 SANDUBAYA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Hidayatul Ikhsan. (2018). Efektifitas Pendekatan Realistic Mathematic education (RME) Berbasis Permaianan Tradisional Terhadap kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas III SDN 2 Sandubaya Tahun Pembelajaran 2017/2018. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Hamzanwadi. Pembimbing: (1) Muhammad Sururuddin, M.Pd. dan (2) Rifa’atul mahmudah, M.Pd. Kata Kunci: RME berbasis Permainan tradisional, Kemampuan Pemecahan Masalah Penelitian ini dilakukan di SDN 2 Sandubaya dengan menerapakan pembelajaran matematika yang kontekstual agar siswa memahami konsep matematika yang abstrak, karena pada kenyataan dilapangan siswa kesulitan memahami materi yang abstrak dan tidak mampu menyelesaikan masalah yang diberikan guru. Oleh karena itu diterapkannya pendekatan RME berbasis permainan tradisional agar siswa memiliki keterampilan dalam pemecahan masalah. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Efektifitas Pendekatan RME Berbasis Permaianan Tradisional Terhadap kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas III SDN 2 Sandubaya. Jenis penelitian ini termasuk eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas III SDN 2 Sandubaya dengan ketentuan kelas III A sebagai kelas kontrol dan kelas III B sebagai kelas eksperimen. Tekhnik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah. Tehnik dianalisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian dengan menggunakan uji-t. Hasil hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu (6,70>2,034) yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya keefektifan penerapan pendekatan RME Berbasis Permainan Tradisional ABSTRAK vi Terhadap kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas III SDN 2 Sandubaya Tahun Pembelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Jaelani Ahmad
Date Deposited: 06 Jan 2021 01:58
Last Modified: 06 Jan 2021 01:58
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3513

Actions (login required)

View Item View Item