PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DEVISION (STAD) BERBANTUAN PERMAIANAN TRADISIONAL BAKIAK TERHADAP NILAI-NILAI KARAKTER SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) KELAS V SDN 6 DANGER TAHUN AJARAN 2018/2019

IPA NURMALA, IPA NURMALA (2018) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DEVISION (STAD) BERBANTUAN PERMAIANAN TRADISIONAL BAKIAK TERHADAP NILAI-NILAI KARAKTER SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) KELAS V SDN 6 DANGER TAHUN AJARAN 2018/2019. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Ipa Nurmala. Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Student Team Achievement Devision (STAD) Berbantuan Permaianan Tradisional Bakiak Terhadap Nilai-Nilai Karakter Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas V SDN 6 Danger Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini bertujuan untuk menegtahui pengaruh model cooperative learning tipe Studen Team Achievment Devision (STAD) berbantuan permainan tradisional Bakiak terhadap nilai-nilai karakter siswa pada mata pelajaran IPS kelas V di SDN 6 Danger Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan bentuk desain True Experimental Posttest Only Control Design. Hasil analisis data dikelas ekperimen diperoleh nilai rata-rata yang lebih besar yakni 73,9 terletak pada interval nilai 68 –84, yang termasuk dalam kategori “baik”. Sedangkan nilai rata-rata yang diperoleh dikelas kontrol yakni 65,5 yang berada pada interval nilai 52– 68, dengan masuk dalam kategori “cukup”. Dengan demikian terdapat selisih perolehan nilai rata-rata diantara kelas eksperimen dan kontrol sebesar 8,4 %. Untuk uji prasyarat data dilakukan dengan uji normalitas data dengan chi kuadrat, selanjutnya uji homogenitas dengan statistik uji-F, dan uji hipotesis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil (thitung =2,69 > ttabel =2,025). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pada penerapan model cooperative learning tipe Studen Team Achievment Devision (STAD) berbantuan permainan tradisional Bakiak terhadap nilai-nilai karakter siswa pada mata pelajaran IPS kelas V di SDN 6 Danger Tahun Pelajaran 2018/2019. Kata Kunci: Cooperative, Student Team Achievement Devision (STAD), Nilai- Nilai Karakter, IPS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Jaelani Ahmad
Date Deposited: 06 Jan 2021 03:23
Last Modified: 06 Jan 2021 03:41
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3522

Actions (login required)

View Item View Item