ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI GOMETRI RUANG KELAS V MI NW NO 05 PANCOR TAHUN PELAJARAN 2019/2020

SUSANTI, BAIQ DINI (2019) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI GOMETRI RUANG KELAS V MI NW NO 05 PANCOR TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI-BAIQ_DINI_SUSANTI-15110046.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan belajar siswa pada materi geometri ruang kelas V di MI NW NO 05 Pancor. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang akan menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Jumlah siswa sebanyak 30 orang siswa yang terdiri dari 14 orang siswa laki-laki dan 16 orang siswa perempuan. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah peneliti itu sendiri, sebab setiap situasi merupakan keseluruhan yang berarti bahwa tidak ada suatu instrumen yang berupa tes atau angket yang dapat menangkap keseluruhan situasi kecuali manusia. Pada penelitian ini digunakan teknik pengumpulan data berupa observasi participan, wawancara, dan dokumen. Adapun teknik analisis data yang digunakan berupa deskriptif dengan membuat gambaran yang dilakukan dengan cara mereduksi data atau penyederhanaan, paparan atau sajian data, penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan memperoleh hasil bahwa kesulitan belajar siswa pada materi geometri ruang dipengaruhi oleh motivasi, sikap, konsentrasi belajar, metode mengajar, dan keluarga. Kata kunci: Kesulitan Belajar, Matematika, Geometri Ruang

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 06 Jan 2021 06:42
Last Modified: 06 Jan 2021 06:42
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3533

Actions (login required)

View Item View Item