PENGARUH PERMAINAN KUIS RANKING 1 TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V DI SDN 2 KOTARAJA PADA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Asmi, Baiq Meida Aulia (2019) PENGARUH PERMAINAN KUIS RANKING 1 TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V DI SDN 2 KOTARAJA PADA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI OK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh permainan Kuis Ranking 1 terhadap motivasi belajar peserta didk kelas V di SDN 2 Kotaraja tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimental dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SDN 2 Kotaraja yang berjumlah 2 kelas masing-masing kelas berjumlah 28 peserta didik. Sampel penelitian ini adalah kelas VA sebagai kelas eksperimen dan VB sebagai kelas kontrol yang dipilih menggunakan teknik Sampling jenuh. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata kelas VA dan VB adalah 68,30 dan 61,80, secara statistik data tes hasil belajar tersebut terdistribusi normal dan homogen. Data hasil belajar dianalisis menggunakan t-test Polled Varians, diperoleh sebesar 2,89 dan sebesar 1,55 pada taraf signifikan 5%. Oleh karena lebih besar maka Ho ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa permainan Kuis Ranking I berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik kelas V di SDN 2 Kotaraja tahun pelajaran 2019/2020. Kata kunci: Motivasi Belajar Peserta Didik, Permainan Kuis Rangking I.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 06 Jan 2021 07:17
Last Modified: 06 Jan 2021 07:17
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3539

Actions (login required)

View Item View Item