PENGARUH MODEL PEMBELAJARNAN VALUE CLARIVICATION TECHNIQUE (VCT) TERHADAP SIKAP DEMOKRATIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS 3 SDN 1 MONGGAS TAHUN AJARAN 2018/2019

NIRWANA, BQ SRI ANITA (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARNAN VALUE CLARIVICATION TECHNIQUE (VCT) TERHADAP SIKAP DEMOKRATIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS 3 SDN 1 MONGGAS TAHUN AJARAN 2018/2019. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI BAIK SRI ANITA NIRWANA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran PKn peneliti menemukan beberapa masalah. Anak-anak cenderung tidak tertarik dengan pelajaran PKn, karena dianggap sebagai suatu pelajaran yang hanya mementingkan suatu hafalan atau dibaca, sehingga menyebabkan rendahnya minat belajar PKn bagi setiap siswa disekolah. Salah satu faktor penyebab rendahnya minta belajar PKn bagi siswa adalah pemilihan dan penerapan model pembelajaran yang kurang baik dan masih terfokus pada guru. Di dalam metode pengajaran kebanyakan guru menggunakan metode ceramah monoton yang mengakibatkan siswa bosan dan mengurangi semangat belajar .karena di dalam metode pembelajaran ini siswa butuh perhatian penuh dari gurunya. Untuk itu di dalam proses belajar mengajar guru harus memiliki strategi atau metode yang baik, agar siswa bisa belajar secara efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran value clarification technique (VCT) terhadap sikap demokratis siswa pada mata pelajaran PKn kelas 3 SDN 1 Monggas.permasalahan dalam penelitian ini bagaimana pengaruh penerapan model pembelajaran VCT terhadap sikap demokratis siswa pada mata pelajaran PKn di kelas 3 SDN 1 Monggas. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis angket, uji prasyarat dan uji hipotesis. Berdasarkan beberapa hasil dari analisis data pada uji hipotesis dapat diperoleh sebesar 2,33. Sehingga dk=( n1+n2) – 2 = (23+23) – 2 = 44 Berdasarkan sampel pada penelitian didapatkan derajat kebebasan (dk) adalah 44 dengan taraf signifikan 5%. Jadi, (2,33) > (2,00). Dengan demikian, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga model pembelajaran value clarification technique berpengaruh terhadap sikap demokratis siswa pada mata pelajaran PKn kls III SDN 1 Monggas Tahun Pelajaran 2018/2019. Kata Kunci: model value clarification technique, sikap demokratis siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 07 Jan 2021 02:38
Last Modified: 07 Jan 2021 02:38
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3541

Actions (login required)

View Item View Item