KOMPARASI ANTARA MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS V SDN 2 MASBAGIK UTARA TAHUN AJARAN 2019/2020

KUSUMAWATI, ENDANG (2019) KOMPARASI ANTARA MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS V SDN 2 MASBAGIK UTARA TAHUN AJARAN 2019/2020. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI OK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberhasilan siswa dalam hasil belajar melalui komparasi model yang berbeda. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen, komparasi atau perbandingan 2 model pembelajaran yaitu Model Tutor Sebaya dengan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas Va sebagai kelas eksperimen jumlah siswa 24 dan Vb sebagai kelas kontrol jumlah siswa 22 jadi keseluruhan siswa kelas V 46. Desain yang digunakan dalam penetitian ini adalah One-Group Posttest Design, hasil uji Normalitas pada kelas eksperimen 3,97 dan kelas kontrol 1,47, hasil uji Homogenitas 2,642, uji Hipotesis 0,860. Hasil validitas menunjukan bahwa siswa yang menggunakan tutor sebaya kelas eksperimen terdapat nilai paling terendah yaitu 70 dan nilai tertinggi 80 sedangkan untuk Numbered Head Together kelas kontrol terdapat nilai tertinggi yaitu 90 dan nilai terendah 70. ttabel 2,02 > thitung 1,26 Ho ditolak Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak, ini berarti terdapat komparasi antara model tutor sebaya dengan model pembelajaran numbered head together (NHT) terhadap hasil belajar tematik siswa kelas V. Kata Kunci : Komparasi, Model tutor sebaya, model pembelajaran numbered head together (NHT) terhadap hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 07 Jan 2021 08:03
Last Modified: 07 Jan 2021 08:03
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3578

Actions (login required)

View Item View Item