PENGEMBANGAN MEDIA POSTER PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI EKPOSITORIPADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III SDN 7 APITAIK TAHUN PELAJARAN 2018/2019

HARDIANI, HARDIANI (2019) PENGEMBANGAN MEDIA POSTER PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI EKPOSITORIPADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III SDN 7 APITAIK TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media poster pembelajaran dengan menggunakan strategi ekspositori yang layak untuk mata pelajaran bahasa Indonesia kelas III SDN 7 apitaik tahun pelajaran 2018/2019. Model pengembangan pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Borg and Gall. Pelaksanaan penelitian terdiri dari (1) tahap analisis kebutuhan; (2) tahap perencanaan; (3) tahap pengembangan produk; (4)tahap uji validasi; (5) tahap revisi produk; (6) tahap uji coba lapangan; (7) tahap revisi produk akhir.Subjek penelitian adalah siswa kelas III SDN 7 Apitaik sebanyak 22orang siswa yang terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 12 orang siswi perempuan. Data yang diperoleh dalam penelitian iniadalah data kualitatif. Instrument pengumpulan data meliputiangket respon siswa, lembar validasi ahli media,lembar validasi ahli materi. Teknik analisis data yangdigunakan dalam penelitian ini adalah rumus konversi skala 5 untuk validasimedia poster. Media poster pada mata pelajaran bahasa Indonesia dengan strategi ekspositori yang didukung oleh materi membaca intensif yang diterapkan oleh peneliti dalam proses pembelajaran memberikan hal positif bagi siswa. Hal ini dapat dibuktikan bahwa siswa sangat berantusias mengikuti proses pembelajaran sampai selesai.Respons siswa terhadap mediaposter mencapai 85% karena informasi yang disajikan pada proses pembelajaran dapat menarik perhatian siswa.Hasil belajar siswa terhadap materi yang dibaca bukanlah suatu hal yang direkayasa, namun ini merupakan realita yang sesungguhnya. Dari hasil uji coba tersebut setelah dianalisis dapat disimpulkan bahwa skor rata-rata yang diperoleh siswa yakni 80 dengan persentase ketuntasan 85%. Ketuntasanhasil belajar siswa terutama pada materi membaca intensif sudah mencapai standar KKM yang telah ditentukan yakni ≥60. Kata kunci: Media poster, strategi ekspositori.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 09 Jan 2021 07:51
Last Modified: 09 Jan 2021 07:51
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3601

Actions (login required)

View Item View Item