ANALISIS PERMAINAN TRADISIONAL MAIN CONGKLAK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS III SDN 7 LENDANG NANGKA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

ARSIWANGI, HENI (2019) ANALISIS PERMAINAN TRADISIONAL MAIN CONGKLAK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS III SDN 7 LENDANG NANGKA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI HENI ARSIWANGI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional congklak terhadap motivasi belajar siswa SDN 7 Lendang Nangka Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi dan angket, serta analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas menggunakan chi-kuadrat, dan uji hipotesis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis penelitian dengan menggunakan uji t diperoleh hasil perhitungan bahwa thitung 41,36 ≥ ttabel 11,0, hasil ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan permainan tradisional congklak terhadap motivasi belajar siswa kelas III SDN 7 Lendang Nangka dan tingkat korelasinya termasuk dalam kategori kuat serta tingkat pengaruhnya sebesar 63,4% dan selebihnya 36,6%. Dengan demikian, hipotesis (Ha) yang diteliti terbukti dan diterima. Kata Kunci : Permainan Tradisional Congklak, Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 09 Jan 2021 08:15
Last Modified: 09 Jan 2021 08:15
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3605

Actions (login required)

View Item View Item