HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KEMAMPUAN INTERAKSI SISWA KELAS V SDN 4 RARANG TAHUN AJARAN 2018/2019

KHARISMA, INSIA (2019) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KEMAMPUAN INTERAKSI SISWA KELAS V SDN 4 RARANG TAHUN AJARAN 2018/2019. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan kemampuan interaksi siswa kelas V SDN 4 Rarang. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru dan anak (siswa), yang terdiri dari 2 orang guru dan 5 anak (siswa). Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi secara langsung dengan narasumber di lapangan untuk mendapatkan data yang dibutuhkan. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi hubungan antara kecerdasan emosional dengan kemampuan interaksi siswa kelas V SDN 4 Rarang. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan terdapat dua bentuk interaksi yaitu Interaksi Sosial yang berbentuk asosiatif dan Interaksi sosial yang berbentuk Disosiatif. Dari kedua bentuk interaksi tersebut berpengaruh terhadap interaksi belajar anak yang menunjang hasil belajarnya. Hal ini membuktikan bahwa kecerdasan emosional dapat meningkatkan kemampuan interaksi siswa. Kata kunci: Kecerdasan Emosional, dengan kemampuan interaksi siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 11 Jan 2021 08:24
Last Modified: 11 Jan 2021 08:24
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3634

Actions (login required)

View Item View Item