PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEBERADAAN PERGURUAN TINGGI TERHADAP MINAT SISWA SMA BIRUL WALIDHAIN NW RENSING MELANJUTKAN STUDI KEPERGURUAN TINGGI DI KABUPATEN LOMBOK TIMUR

DIAH WAHYU SOLATIAH, BAIQ (2018) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEBERADAAN PERGURUAN TINGGI TERHADAP MINAT SISWA SMA BIRUL WALIDHAIN NW RENSING MELANJUTKAN STUDI KEPERGURUAN TINGGI DI KABUPATEN LOMBOK TIMUR. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI BAIQ DIAH WAHYU SOLATIAH_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (807kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap minat dan keberadaan perguruan tinggi terhadap minat melanjutkan studi di Universitas Hamzanwadi baik secara simultan dan parsial. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriftif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA Birrul Walidain NW Rensing. Teknik pengumpulan sampel dengan menggunakan sampling jenuh ( sensus ). Teknik analisis data yang di gunakan adalah uji intrumen ( validitas dan reliabilitas), regresi linier berganda, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Dari hasil penelitian di ketahui bahwa secara parsial variabel motivasi belajar sebesar 0,129 dengan thitung = 1,267, dan Pvalue = 0,209> 0,05, sehingga Ha diterima. variable keberadaan perguruan tinggi diperoleh koefisien sebesar 0,081 dengan thitung = 0.352 dan Pvalue = 0,726 > 0,05, sehingga Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa bahwa ada pengaruh positif dan signifikan di antara varibel motivasi belajar dan keberadaan perguruan tinggi terhadap minat melanjutkan studi di Universitas Hamzanwadi. Adapun secara simultan yang ditunjukkan dengan F hitung = 0.905 dengan nilai signifikansi 0,001, karena nilai probabilitas < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa variabel motivasi belajar dan keberadaan perguruan tinggi berpengaruh signifikan. Nilai Adjusted R Square sebesar 0.158. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengaruh motivasi belajar dan keberadaan perguruan tinggi terhadap minat melanjutkan studi di Universitas Hamzanwadi adalah sebesar 15,8%. Sedangkan sisanya yaitu sebesar 84,2% menjelaskan bahwa minat melanjutkan studi di Universitas Hamzanwadi dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar model. Dilihat dari f hitung dan nilai Adjusted R Square dapat disimpulkan bahwa variable motivasi belajar dan keberadaan perguruan tinggi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat minat melanjutkan studi di Universitas Hamzanwadi secara simultan. Kata kunci: Motivasi Belajar, Keberadaan Perguruan Tinggi dan Minat Melanjutkan Studi di Universitas Hamzanwadi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Sosial dan Ekonomi > Pembelajaran Ekonomi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Jaelani Ahmad
Date Deposited: 12 Jan 2021 02:45
Last Modified: 12 Jan 2021 02:45
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3638

Actions (login required)

View Item View Item