SELF EFFICACY SISWA SD KELAS 5 DALAM MEMECAHKAN MASALAH KONTEKSTUAL BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA DI SDN 8 MASBAGIK UTARA TAHUN AJARAN 2018/2019

MUSLIHURRAHMAN, MUSLIHURRAHMAN (2019) SELF EFFICACY SISWA SD KELAS 5 DALAM MEMECAHKAN MASALAH KONTEKSTUAL BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA DI SDN 8 MASBAGIK UTARA TAHUN AJARAN 2018/2019. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI MUSLIHURRAHMAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Self Efficacy Siswa Sd Kelas 5 dalam Memecahkan Masalah Kontekstual Berdasarkan Kemampuan Matematika di SDN 8 Masbagik Utara Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dan menggunakan desain one group pretestpostest design. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas V SDN 8 Masbagik Utara yang berjumlah 42 Siswa. Sedangkan untuk teknik pengambilan sampel menggunakan tekhnik random sampling. Sehingga didapatkan siswa yang berjumlah 42 orang sebagai sampel dalam kegiatan penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan test dan angket sedangkan instrument pengumpulan data dilakuan dengan cara tes dan angket. BerdasarkanhasilUji linearitas dengan menggunakan rumus uji F diperoleh Fhitung ≤ Ftabel atau 0,74 ≤ 2,14 sehingga dapat dikatakan bahwa data berpola linear. Persamaan regresi linear sederhana untuk pengaruh pengaruh Self efficacy terhadapkemampuanpemecahanmasalahkontekstualberdasarkankemampuanmate matikaadalah Ȳ= a + bX = 18,54 + 0,82 X. Sedangkan untuk koefisien determinasi (KP) atau nilai kontribusi engaruh Self efficacysiswa SD kelas V terhadapkemampuanpemecahanmasalahberdasarkankemampuanmatematikasiswa kelas V SDN8 Masbagik Utara sebesar 83,17 dan 16,83 sisanya pengaruh dari faktor lain. Kata Kunci: self efficacy, memecahkanmasalahkontekstual, quasi eksperimen

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 16 Jan 2021 03:07
Last Modified: 16 Jan 2021 03:07
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3728

Actions (login required)

View Item View Item