PENGEMBANGAN BOOKLET PEMBELAJARAN BERBASIS KONSTRUKTIVISME PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI GEOMETRI KELAS V SDN SADAH TAHUN PELAJARAN 2018/2019

APRIANI, NIA (2019) PENGEMBANGAN BOOKLET PEMBELAJARAN BERBASIS KONSTRUKTIVISME PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI GEOMETRI KELAS V SDN SADAH TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (835kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan booklet pembelajaran berbasis konstruktivisme pada mata pelajaran matematika materi geometri kelas V SDN Sadah dan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan menggunakan model Borg and Gall. Yang telah disederhanakan menjadi tujuh langkah yaitu (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain (6) uji coba produk, (7) revisi produk. Berdasarkan hasil validasi diperoleh hasil validasi materi dengan nilai 94% dan validasi ahli media sebesar 80%, serta respon 18 siswa mendapat penilaian sebesar 100% dan hasil belajar siswa sebesar 80,3%. Berdasarkan hasil tersebut, maka produk booklet pembelajaran berbasis konstruktivisme pada mata pelajaran matematika materi geometri kelas V SDN SADAH layak digunakan dalam proses pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Booklet, Konstruktivisme, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 16 Jan 2021 03:37
Last Modified: 16 Jan 2021 03:37
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3734

Actions (login required)

View Item View Item