PENGARUH METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INDONESIA DALAM TEKS DRAMA SISWA KELAS III SDN PERIGI TAHUN PELAJARAN 2019/2020

MAULANA, NINING (2019) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INDONESIA DALAM TEKS DRAMA SISWA KELAS III SDN PERIGI TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran Role Playing terhadap keterampilan berbicara bahasa Indonesia dalam teks drama siswa kelas III SDN Perigi tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Popoluasi dalam penelitiam ini adalah seluruh siswa kelas III SDN Perigi tahun pelajaran 2019/2020. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik Simple Random Sampling, sehingga didapatkan kelas III A sebagai kelas eksperimen dan kelas III B sebagai kelas kontrol. Rancangan penelitian yang digunakan adalah posttest-only control design. Teknik pengumpulan data menggunakan test keterampilan berbicara untuk mengetahui keterampilan berbicara bahasa Indonesia siswa menggunakan metode pembelajaran Role Playing. Sebelum data dianalisis, instrumen diuji validitas dan reliabilitasnya. Kemudian setelah data terkumpul, dilakukan analisis hasil posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jenis data yang didapatkan yaitu tes hasil keterampilan berbicara bahasa Indonesia siswa kelas III SDN Perigi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimen yakni 80 dan kelas kontrol yakni 72. Untuk uji prasyarat data dilakukan dengan uji normalitas data dan uji homogenitas. Untuk uji normalitas data menggunakan Chi Kuadrat. Kemudian untuk uji hipotesis menggunakan analisis uji-t pada taraf signifikan 5% menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 2,18 > 2,04 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada Pengaruh Metode Pembelajaran Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Dalam Teks Drama Siswa Kelas III SDN Perigi Tahun Pelajaran 2019/2020. Kata kunci: Metode pembelajaran Role Playing, keterampilan berbicara bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 16 Jan 2021 03:44
Last Modified: 16 Jan 2021 03:44
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3736

Actions (login required)

View Item View Item