PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN EKONOMI BERBASIS ACTIVE LEARNING TIPE LEARNING STARTS WITH A QUESTION UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS X-2 MA AS-SHOLIHIYAH LINGKOK LEKONG TAHUN AJARAN 2017/2018

ZOHRAH, ZOHRAH (2018) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN EKONOMI BERBASIS ACTIVE LEARNING TIPE LEARNING STARTS WITH A QUESTION UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS X-2 MA AS-SHOLIHIYAH LINGKOK LEKONG TAHUN AJARAN 2017/2018. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran ekonomi di SMA/MA, mengetahui kepraktisan dan keefektifan perangkat pembelajaran ekonomi berbasis Active Learning tipe Learning Starts With A Question. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Prosedur penelitian dan pengembangan dalam produk ini adalah Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Validasi produk dilakukan oleh dua dosen yaitu dosen pendidikan ekonomi dan dosen PBSI. Uji coba lapangan dilakukan dua kali yaitu uji coba kelompok kecil dan kelompok besar di MA As-Sholihiyah Lingkok Lekong. Teknik Pengumpulan data yang digunakan dilakukan dengan observasi, wawancara, kuesioner/angket dan tes. Analisis data dilakukan dengan mencari skor rata-rata dan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran ekonomi berbasis Active Learning tipe Learning Starts With A Question layak digunakan di kelas X-2 MA As-Sholihiyah Lingkok Lekong. Hal tersebut ditunjukkan bahwa (1) Perangkat pembelajaran ekonomi yang dikembangkan. Menurut tim ahli dan validator secara umum berkategori valid dengan penilaian dari masing-masing ahli yaitu ahli materi memberikan kategori cukup valid dengan nilai persentase 71,42% dan ahli bahasa dengan kategori cukup valid dengan nilai persentase 84,33% dengan rata-rata dari ahli materi dan bahasa yaitu 77,87% dengan kategori cukup valid atau efektif. (2) hasil belajar siswa yang mencapai ketuntasan persentase 100%, dengan nilai rata-rata siswa 90,71%, dan nilai tertinggi siswa 100. (4) respon guru terhadap perangkat pembelajaran ekonomi menunjukkan bahwa rata-rata persentase 75% dengan kategori valid. (3) respon siswa terhadap penggunaan perangkat pembelajaran ekonomi menunjukkan bahwa rata-rata 80,5%. Data dari respon siswa tersebut menunjukkan bahwa lebih banyak siswa merespon dalam kategori positif atau jawaban “Ya” lebih banyak dari pada jawaban “Tidak”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran ekonomi berbasis Active Learning tpe Learning Starts With A Question yang dikembangkan dapat dikatakan praktis dan efektif digunakan di SMA/MA pada khususnya MA As-Sholihiyah Lingkok Lekong. Kata Kunci: Pengembangan, Perangkat pembelajaran, Active Learning tipe Learning Starts With A Question, Keaktifan Siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Sosial dan Ekonomi > Pembelajaran Ekonomi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Jaelani Ahmad
Date Deposited: 23 Jan 2021 07:38
Last Modified: 23 Jan 2021 07:38
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3795

Actions (login required)

View Item View Item