ANALISIS PERSEPSI SISWA TERHADAP TES BUATAN GURU DAN TES STANDAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VI DI DI MI NW JANTUK

AMINI, NUR’AIDA (2019) ANALISIS PERSEPSI SISWA TERHADAP TES BUATAN GURU DAN TES STANDAR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VI DI DI MI NW JANTUK. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI OK_compressed.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap tes buatan guru dan tes standar dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SD/MI. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun subyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI MI NW Jantuk, sedangkan tahap-tahap pengelolaan data berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan data dan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa persepsi siswa terhadap tes buatan guru dan tes standar dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SD/MI yakni sebagai berikut: menurut siswa kelas VI tes buatan guru lebih menarik dan mudah dipahami jika dibandingkan dengan tes standar. Menurut siswa tes standar adalah tes yang sulit untuk dipahami dikarenakan jumlah soal yang terlalu banyak, narasi soal yang terlalu panjang hingga banyaknya penggunaan kata-kata sulit yang tidak dipahami maknanya oleh siswa. Kata Kunci: Persepsi siswa, tes buatan guru dan tes standar, bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 26 Jan 2021 06:58
Last Modified: 26 Jan 2021 06:58
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3808

Actions (login required)

View Item View Item