PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DIPADU DENGAN STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII SMPN 2 WANASABA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

RAMLAH, RAMLAH (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DIPADU DENGAN STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS VIII SMPN 2 WANASABA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI RAMLAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning Dipadu Dengan STAD (DISTAD) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII SMPN 2 Wanasaba Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen dalam bentuk Postest-only Control Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Wanasaba. Populasi dalam penelitian ini mencakup seluruh siswa kelas VIIISMPN 2 Wanasaba. Sampel dalam penelitian ini adalah kelasVIII B sebagai kelas eksperimen dan kelasVIII A sebagai kelas kontrol . Instrumen dalam penelitian ini berupa tes kemampuan hasil belajar dalam bentuk tes pilihan ganda yang berjumlah 20 butirsoal. Berdasarkan hasil analisis data diperolehan nilai rata–rata kelas eksperimen yakni 75,24 dan kelas kontrol yakni 45,954. Sedangkan, uji hipotesis menggunakan analisis statistik dengan rumus uji-t pada taraf kepercayaan 5% adalah diperoleh thitung sebesar 8,295. Setelah dibandingkan dengan t-tabel (2,019), maka t-hitung (9,295) < t-tabel (2,019) sehingga kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada pengaruh model Pembelajaran Discovery Learning Dipadu Dengan STAD (DISTAD) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII SMPN 2 Wanasaba Tahun Pelajaran 2018/2019. Yaitu model Pembelajaran Discovery Learning Dipadu Dengan STAD (DISTAD) besar pengaruhnya terhadap hasil belajar IPA pada kelas VIII. Kata Kunci: Discovery Learning, Student Team Achievement Divisions (STAD), Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: A.Md.Kom. Ardian Rizka Zalkarnain
Date Deposited: 03 Feb 2021 02:05
Last Modified: 03 Feb 2021 02:08
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3898

Actions (login required)

View Item View Item