PENGARUH PEMBELAJARAN TIPE TEAM GAMES TURNAMEN (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA (BIOLOGI) KELAS VIII MTs NW SUKARARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

SOLATIAH, SOLATIAH (2018) PENGARUH PEMBELAJARAN TIPE TEAM GAMES TURNAMEN (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA (BIOLOGI) KELAS VIII MTs NW SUKARARA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI SOLATIAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan menggunakan tipe Team Games Turnamen (TGT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA (Biologi) kelas VIII MTs NW Sukarara tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design dan rancangan Post-Test-Only Control Design. Populasi penelitian ini adalah kelas VIII MTs NW Sukarara yang berjumlah 2 kelas dengan jumlah 50 siswa. Pengambilan sampel pada penelitian ini dengan menggunakan random sampling (secaraacak). Pengumpulan data dengan menggunakan tes, dimana tes penelitian yang digunakan berupa tes pilihan ganda yang berjumlah 30 soal. Teknik anallisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan statistic uji t-test (uji t). Hasil penelitian yang diperoleh yaitu nilai rata-rata post-test kelas ekperimen adalah 77,02 sedangkan nilai rata-rata post-test kelas kontrol adalah 71,58. Hasil uji normalitas kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah berdistribusi normal. Dimana untuk kelas eksperimen harga X2 tabel, diperoleh X2 hitung sebesar 7,72 X2 tabel sebesar 11,07. Sedangkan X2 hitung kelas kontrol sebesar 5,96 dan X2 tabel sebesar 11,07. Sedangkan homogenitasnya menunjukkan bahwa kedua kelompok homogen yang dilihat dari nilai F hitung (0,91) < Ftabel (1,98). Uji hipotesis menggunakan analisis statistic dengan menggunakan rumus uji t varians dengan signifikan taraf 5% adalah hasil dari T hitung dibandingkan dengan hasil T tabel adalah T hitung sebesar (1,770) > T tabel (1,678). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pembelajaran tipe Team Games Turnamen (TGT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA (Biologi) kelas VIII MTs NW Sukarara tahun pelajaran 2017/2018. Kata Kunci: Tipe Team Games Turnamen (TGT) dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: A.Md.Kom. Ardian Rizka Zalkarnain
Date Deposited: 03 Feb 2021 05:31
Last Modified: 03 Feb 2021 05:31
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3908

Actions (login required)

View Item View Item