PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN JIGSAW DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI GETARAN HARMONIK KELAS X IPA SMAN 1 WANASABA TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018

INDRAWATI, INDRAWATI (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN JIGSAW DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI GETARAN HARMONIK KELAS X IPA SMAN 1 WANASABA TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI INDRAWATI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Apakah ada pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan JIGSAW ditinjau dari Minat siswa terhadap prestasi belajar fisika pada materi Getaran Harmonik siswa kelas X IPA SMAN 1 Wanasaba tahun pelajaran 2017/2018. 2) Apakah ada pengaruh minat belajar tinggi dan minat belajar rendah terhadap prestasi belajar fisika siswa 3) Apakah ada interaksi antara model pembelajaran STAD dan JIGSAW dengan Minat belajar siswa terhadap prestasi belajar fisika siswa. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMAN 1 Wanasaba tahun pembelajaran 2017/2018. Sampel penelitian ini ditentukan dengan Simple Random Sampling. Kelas IPA 2 sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas XIPA 4 sebagai kelas kontrol. Rancangan penelitian yang digunakan adalah desain faktorial 2 . Teknik pengumpuan data Menggunakan angket minat dan tes prestasi belajar. Data dianalisis menggunakan anava dua jalan. Hasil penelitian Menunjukkan, 1). Ada pengaruh model pembelajaran STAD dan JIGSAW terhadap prestasi belajar fisika siswa karena FAhitung>Ftabel yaitu 4,59>4,032 yang berarti ditolak. Perhitungan Uji scheffe menunjukkan thitung> ttabel yaitu 5,097>4,032 yang berarti JIGSAW lebh berpengaruh dibandingkan dengan STAD 2) Ada pengaruh siswa yang memiliki minat belajar tinggi dan siswa yang memiliki minat belajar rendah terhadap prestasi belajar fisika siswa karena FBhitung >Ftabel yaitu 26,30>4,032 yang berarti ditolak 3) tidak ada interaksi antara model pembelajaran STAD dan JIGSAW denggan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar fisika siswa karena FAhitung Ftabel yaitu 0,29 4,032 yang berati H0AB diterima. Kata Kunci: Model STAD dan JIGSAW , prestasi belajar, minat belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Sains > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: A.Md.Kom. Ardian Rizka Zalkarnain
Date Deposited: 06 Feb 2021 03:55
Last Modified: 06 Feb 2021 03:55
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3946

Actions (login required)

View Item View Item