PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA VISUAL PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDN 3 MUJUR TAHUN AJARAN 2017/2018

JAMILAH, JAMILAH (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA VISUAL PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDN 3 MUJUR TAHUN AJARAN 2017/2018. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Jamilah. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Talking Stick Berbantuan Media Visual Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDN 3 Mujur Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan (FKIP). Universitas Hamzanwadi. Drs. Lalu Fakihuddin, M.Pd pembimbing I dan Nurul Mu’minin MZ pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan model Talking Stick berbantuan media visual pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas V SDN 3 Mujur Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan 2 siklus. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui tingkat hasil belajar siswa adalah lembar observasi dan soal tes evalusi berbentuk essay. Sedangkan teknik yang digunakan adalah observasi dan tes (tes awal dan akhir). Berdasarkan hasil analisis data diperoleh data peningkatan hasil belajar dengan nilai rata-rata 66,71 pada siklus I. Jika dibandingkan dengan nilai rata-rata tes awal sebesar 61,09, maka terjadi peningkatan nilai rata-rata kelas sebesar 8,0%. Pada siklus II dengan nilai rata-rata 73,28. Jika dibandingkan dengan nilai rata-rata siklus I 66,71, maka terjadi peningkatan nilai rata-rata sebesar 9,89%. Sedangkan ketuntasan klaksikal pada siklus I yaitu 37,5%, jika dibandingkan dengan nilai ketuntasan klaksikal yang diperoleh siswa pada tes awal sebesar 21,87%, maka terjadi peningkatan sebesar 15,63% pada siklus I. Ketuntasan klaksikal pada siklus II yaitu 90,62%, jika dibandingkan dengan nilai ketuntasan klaksikal pada siklus I sebesar 37,5%, maka terjadi peningkatan sebesar 53,12% pada siklus II. Sehingga hipotesis, dengan menerapkan model pembelajaran talking stick berbantuan media visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan menulis puisi bebas pada siswa kelas V SD Negeri 3 Mujur. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Talking Stick, dan Media Visual

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Jaelani Ahmad
Date Deposited: 08 Feb 2021 03:24
Last Modified: 08 Feb 2021 03:24
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3978

Actions (login required)

View Item View Item