PENGEMBANGAN HANDOUT BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATERI EKOSISTEM MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X MA/SMA

KHOTIMAH, HUSNUL (2019) PENGEMBANGAN HANDOUT BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATERI EKOSISTEM MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X MA/SMA. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI HUSNUL KHOTIMAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan handout berbasis karifan lokal pada materi ekosistem mata pelajaran biologi kelas X SMA/MA tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah model Borg and Gall. Tahap pengembangan yang digunakan hanya 5 tahapan, yaitu (penelitian dan pengumpulan informasi awal, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba awal, dan revisi). Validator terdiri dari 1 ahli materi, 1 ahli bahan ajar, dan 2 guru biologi. Responden terdiri dari 12 orang siswa yang berasal dari 2 sekolah yaitu 6 orang siswa kelas XI IPA MA Mualimat NW Pancor dan 6 orang siswa kelas XI IPA MA NW Suralaga. Teknik pengambilan data menggunakan angket. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data pembahasan dapat disimpulkan bahwa produk bahan ajar berupa handout yang dikembangkan memiliki kriteria sangat layak. Baik dari segi materi (92,5%), desain (90,4%), guru biologi (80%), dan respon siswa (88,02%). Dengan demikian, maka produk layak digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Handout, Kearifan Lokal, Ekosistem.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Sains > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: A.Md.Kom. Ardian Rizka Zalkarnain
Date Deposited: 09 Feb 2021 03:40
Last Modified: 09 Feb 2021 03:40
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/3999

Actions (login required)

View Item View Item