PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING MELALUI LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS DAN KEPEKAAN SOSIAL SISWA MATERI PENJUMLAHAN VEKTOR KELAS X MA MU’ALLIMIN NW PANCOR TAHUN PELAJARAN 2019/2020

MAR’ATUSSOLIHAH, MAR’ATUSSOLIHAH (2019) PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING MELALUI LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS DAN KEPEKAAN SOSIAL SISWA MATERI PENJUMLAHAN VEKTOR KELAS X MA MU’ALLIMIN NW PANCOR TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI MAR'ATUSSOLIHAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan analisis dan kepekaan sosial siswa dengan menerapkan metode problem based learning melalui lesson study pada materi penjumlahan vektor kelas X MA Mu’allimin NW Pancor tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research) melalui pola lesson study. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan angket kepekaan sosial siswa. Analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode problem based learning melalui lesson study dapat meningkatkan kemampuan analisis dan kepekaan sosial siswa pada materi penjumlahan vektor kelas X MA Mu’allimin NW Pancor tahun pelajaran 2019/2020. Skor rata-rata kepekaan sosial siswa meningkat dari siklus I yaitu 78,14 berada pada kategori tinggi menjadi 80,22 pada siklus II berada pada kategori tinggi. Dan kemampuan analisis siswa juga menunjukkan peningkatan, yaitu pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 74,04 dengan ketuntasan klasikal 74,07% menjadi nilai rata-rata 80,14 dengan ketuntasan klasikal 85,18% pada siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal pada siklus I belum mencapai ≠ 80%, akan tetapi pada siklus II menunjukan bahwa ketuntasan klasikal sudah tercapai yaitu > 80%. Artinya, penerapan metode problem based learning melalui lesson study dapat meningkatan kemampuan analisis dan kepekaan sosial siswa pada materi penjumlahan vektor kelas X MA Mu’allimin NW Pancor tahun pelajaran 2019/2020. Kata kunci: metode problem based learning, lesson study, kemampuan analisis, dan kepekaan sosial.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: A.Md.Kom. Ardian Rizka Zalkarnain
Date Deposited: 10 Feb 2021 22:45
Last Modified: 10 Feb 2021 22:45
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4050

Actions (login required)

View Item View Item