PENGEMBANGAN KOMIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) KELAS IV SDN 2 SELONG

PAZRI, RODIATUL (2019) PENGEMBANGAN KOMIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) KELAS IV SDN 2 SELONG. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
skripsi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkanproduk berupa media pembelajaran yang layak digunakan dalam proses pembelajaran.Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian dan pengembangan (Reasearch and Development) dengan mengadopsi model pengembangan 4 D, yang kemudian disederhanakan menjadi tiga tahap karena keterbatasan pengembangan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 2 Selong yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar instrument validasi ahli dan angket respon siswa. Hasil penelitianini menunjukkan bahwa: hasil validasi pertama oleh ahli desain diperolehskor 47 yang berada pada rentang skor 39 < X ≤ 51, dengan kategori “Cukup”, hasil validasi ke dua oleh ahli desain diperolehskor 57, yang terdapat pada rentang skor 51 < X 63, dengan kategori “Baik”, hasil validasi ahli materi memperoleh skor 60, yang berada pada rentang skor 51 < X 63, dengan kategori “Baik”, hasil uji coba lapangan memperolehrata-rata skor 42,13 yang berada pada rentang X > 42,06 , dengan kategori “Sangat Baik”. Hal ini menunjukkan bahwa media komik layak digunakan sebagai media pembelajaran. Kata Kunci: Komik, Reasearch and Developmen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: SIP M Kasyful Qomari
Date Deposited: 11 Feb 2021 06:33
Last Modified: 11 Feb 2021 06:33
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4060

Actions (login required)

View Item View Item