PENGARUH PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP PRESTASI DAN SELF EFFICACY BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII C MTs MU’ALLIMIN NW PANCOR TAHUN PELAJARAN 2018/2019

ROSADA, AMRINA (2019) PENGARUH PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP PRESTASI DAN SELF EFFICACY BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII C MTs MU’ALLIMIN NW PANCOR TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI AMRINA ROSADA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran inkuiri terhadap prestasi dan Self Efficacy belajar matematika siswa kelas VII C MTs Mu’allimin NW Pancor. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain Posttest Only Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII sedangkan Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII C dan kelas VII D. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Hasil pengujian hipotesis I dengan uji-T menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keefektifan pembelajaran antara model pembelajaran Inkuiri dan model pembelajaran konvensional ditinjau dari Prestasi dan Self Efficacy siswa. Hasil pengujian hipotesis I untuk Prestas menunjukkan bahwa thitung ≥ ttabel yaitu 2,126 ≥ 1,671 yang berarti bahwa berada pada daerah penerimaan Ha. Sedangkan hasil pengujian hipotesis II untuk Self Efficacy menunjukkan bahwa thitung ≥ ttabel yaitu 2,010 ≥ 1,671 yang berarti bahwa berada pada daerah penerimaan Ha, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Inkuiri lebih efektif untuk meningkatkan Prestasi dan Self Efficacy Belajar siswa. Kata kunci: Pembelajaran Inkuiri, Self Efficacy , Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: A.Md.Kom. Ardian Rizka Zalkarnain
Date Deposited: 11 Feb 2021 08:16
Last Modified: 11 Feb 2021 08:16
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4074

Actions (login required)

View Item View Item