PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENGGUNAKAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DENGAN KONTEKS LOKAL KELAS X IPA SMA NEGERI 1 LABUHAN HAJI TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019

HIDAYATULLAH, LALU SYARIF (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENGGUNAKAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) DENGAN KONTEKS LOKAL KELAS X IPA SMA NEGERI 1 LABUHAN HAJI TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI LALU SYARIF HIDAYATULLAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar Realistic Mathematic Education (RME) dengan kontekas lokal untuk siswa kelas X di SMA Negeri 1 Labuhan Haji pada materi SPLTV yang valid, praktis, efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang diadaptasi dari model pengembangan ADDIE yang meliputi langkah-langkah sebagai berikut: Analysis, Design, Develop, implementation, and Evaluation. Instrument pengumpulan data menggunakan lembar validasi bahan ajar lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran untuk aktivitas guru dan aktivitas siswa, angket kepraktisan, angket respon siswa, dan tes hasil belajar. Data kevalidan dianalisis menggunakan formula Aiken’s V , data kepraktisan dianalisis dengan mengkonversikan skor menjadi data kualitatif skala lima, sedangkan data keefektifan dianalisis dari hasil belajar siswa. Desain uji coba yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi – Eksperimen yaitu memberikan perlakuan berbeda pada dua kelompok. Kelompok I (X IPA 2) sebagai kelas eksperimen dan kelompok II (X IPA 4) sebagai kelas kontrol yang disampling secara acak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar menggunakan Realistic Mathematic Education (RME) dengan kontekas lokal telah memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Kriteria kevalidan terlihat dari hasil analisis kevalidan bahan ajar matematika yang memenuhi kriteri valid. Kriteria kepraktisan bahan ajar dilihat dari skor angket kepraktisan yang memenuhi kriteria mudah digunakan (silabus), dan sangat mudah digunakan (RPP dan LKS) serta skor angket respon siswa yang positif. Kriteria keefektifan bahan ajar matematika dilihat dari skor lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran untuk aktivitas guru memenuhi kriteria sangat baik dan aktivitas siswa memenuhi kriteria baik, estimasi reliabilitas tes hasil belajar menggunakan rumus Alpha Cronbach memenuhi kriteria taraf kepercayaan cukup, dan hasil belajar siswa berdasarkan analisis data menggunakan uji t pada taraf signifikan 5% dengan = 1,672 dan = 5,66 menunjukkan bahwa ditolak dan diterima artinya penggunaan bahan ajar Realistic Mathematic Education (RME) dengan konteks lokal lebih efektif dibanding penggunaan bahan ajar matematika yang sudah tersedia di sekolah ditinjau dari hasil belajar siswa. Kata kunci : bahan ajar, Realistic Mathematic Education (RME), konteks lokal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Evaluasi Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: A.Md.Kom. Ardian Rizka Zalkarnain
Date Deposited: 15 Feb 2021 06:12
Last Modified: 15 Feb 2021 06:12
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4123

Actions (login required)

View Item View Item