PENGARUH LEARNING COMMUNITY MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOLABORATIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X MA NW BAGIK PAYUNG TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019

AMINI, NIA KURNIATI (2019) PENGARUH LEARNING COMMUNITY MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOLABORATIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X MA NW BAGIK PAYUNG TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI NIA KURNIATI AMINI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Pengaruh Learning Community Melalui Pendekatan Pembelajaran Kolaboratif Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X MA NW Bagik Payung Tahun Pembelajaran 2018/2019. NIA KURNIATI AMINI Penelitian ini bertujuan untuk: 1) untuk mendeskripsikan Apakah terdapat pengaruh Learning Community Melalui Pendekatan Pembelajaran Kolaboratif terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X MA NW Bagik Payung. Penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain Pretest Posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MA NW Bagik Payung Lombok Timur NTB. Sampel penelitian diambil dari semua populasi. Uji prasyarat yang dilakukan adalah uji normalitas dengan menggunakan rumus Chi-kuadrat dan dilakukan uji linieritas dengan uji barlet. Data dianalisis secara univariat dengan taraf signifikansi 5% (0,05) untuk pengujian hipotesis pertama digunakan t-tes one sampel dan untuk pengujian hipotesis kedua digunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Jika dilihat dari hasil perhitungan terhadap prestasi dengan menggunakan uji one sample t test menunjukkan bahwa thitung = 3,15 lebih besar dari ttabel = 1,70 pada taraf signifikansi 5% artinya bahwa hipotesis nol ditolak sehingga hipotesis penelitian. Hasil penghitungan dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana didapat koefesien determinasi sebesar 0,69. Sedangkan nilai koefisien determinasi disesuaikan adalah sebesar 0,475. . Sebagai kesimpulan dari hasil analisis sebagai berukut: y = 23,358 + 0,931X. R2 =0,47 ,Ini berarti bahwa sebesar 47 % penigkatan prestasi belajar matematika dipengaruhi oleh model pembelajaran yang diterapkan dan selebihnya merupakan faktor lain Kata kunci: Learning community, Pembelajaran kolaboratif, hasil belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: A.Md.Kom. Ardian Rizka Zalkarnain
Date Deposited: 16 Feb 2021 05:08
Last Modified: 16 Feb 2021 05:08
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4164

Actions (login required)

View Item View Item