PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA SMP BERBASIS ISLAMI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

NURHAMIDAH, NURHAMIDAH (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA SMP BERBASIS ISLAMI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI NURHAMIDAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Nurhamidah. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika SMP Berbasis Islami untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Motivasi Belajar Siswa. Program Studi Pendidikan Matematika. Universitas Hamzanwadi Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar matematika berbasis Islami yang valid, praktis, dan efektif. Pengembangan model pembelajaran dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Data kevalidan dan kepraktisan dianalisis dengan mengkonversi skor menjadi data kualitatif skala lima, sedangkan data keefektifan dianalisis dengan standar KKM dan persentase ketuntasan belajar. Melalui proses pengembangan, telah dihasilkan: (1) bahan ajar matematika berbasis Islami dan (2) instrumen penelitian. Berdasarkan analisis uji coba lapangan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahan ajar matematika berbasis Islami telah memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Kriteria kevalidan terlihat dari hasil analisis kevalidan bahan ajar matematika yang memenuhi kriteria valid. Kriteria kepraktisan bahan ajar matematika dilihat dari: (1) skor angket kepraktisan sebesar 345 yang memenuhi kriteria sangat praktis, (2) skor lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran sebesar 84,44% merupakan pelaksanaan baik, (3) skor lembar observasi aktivitas siswa sebesar 91,11% merupakan pelaksanaan baik, dan (4) skor angket respon siswa sebesar 88% memenuhi kriteria praktis. Kriteria keefektifan bahan ajar matematika terlihat dari standar KKM dan persentase ketercapaian ketuntasan belajar siswa secara klasikal dan angket motivasi siswa yaitu 68,03, 76,92% dan 4,17 yang memenuhi kriteria efektif dari 26 siswa. Kata kunci: bahan ajar matematika berbasis Islami.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: A.Md.Kom. Ardian Rizka Zalkarnain
Date Deposited: 16 Feb 2021 06:02
Last Modified: 16 Feb 2021 06:02
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4168

Actions (login required)

View Item View Item