PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AIR (AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION) TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI BILANGAN KELAS VII MTs. MU’ALLIMAT NW KELAYU TAHUN PELAJARAN 2018/2019

MAULIDA, SITI ALFI ROHMATIN (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AIR (AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION) TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI BILANGAN KELAS VII MTs. MU’ALLIMAT NW KELAYU TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI SITI ALFI ROHMATIN MAULIDA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) adanya pengaruh model AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) terhadap motivasi belajar siswa MTs. Mu’allimat NW Kelayu tahun pembelajaran 2018/2019. (2) adanya pengaruh model AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) terhadap prestasi belajar siswa MTs. Mu’allimat NW Kelayu tahun pembelajaran 2018/2019. (3) Model AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) lebih efektif digunakan dari pembelajaran konvensional terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa MTs. Mu’allimat NW Kelayu tahun pembelajaran 2018/2019 . Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen dengan menggunakan Quasy Eksperimen dengan desain faktorial dalam bentuk posttest design true experimental. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII MTs. Mu’allimat NW Kelayu Tahun Pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 48 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIIA sebagai kelas eksperimen, kelas VIIB sebagai kelas kontrol yang ditentukan dengan teknik simple random sampling. Rancangan penelitian yang digunakan adalah faktorial. Intrumen dalam penelitian ini berupa pilihan ganda yang berjumlah 20 butir soal dan angket yang berjumlah 20 pernyataan. Data dianalisis menggunakan uji t-test Polled Varians. Hasil hipotesis pertama menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu (6,4152 > 1,6794) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa “Ada pengaruh pembelajaran dengan model AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) terhadap motivasi belajar matematika siswa dalam pokok bahasan bilangan kelas VII MTs. Mu’allimat NW Kelayu”. Hasil hipotesis kedua menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu (3,7684 > 1,6794) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa “Ada pengaruh pembelajaran dengan model AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) terhadap prestasi belajar matematika siswa dalam pokok bahasan bilangan kelas VII MTs. Mu’allimat NW Kelayu”. Kata Kunci: Model AIR (Auditory, Intellectually, Repetition), Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: A.Md.Kom. Ardian Rizka Zalkarnain
Date Deposited: 16 Feb 2021 07:55
Last Modified: 16 Feb 2021 07:55
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4180

Actions (login required)

View Item View Item