PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DENGAN STRATEGI FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI INFRASTRUKTUR JARINGAN KELAS XI TKJ DI SMKN 1 PRAYA TAHUN AJARAN 2019/2020

THOYYIBAH, HIDAYATUN (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DENGAN STRATEGI FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI INFRASTRUKTUR JARINGAN KELAS XI TKJ DI SMKN 1 PRAYA TAHUN AJARAN 2019/2020. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI HIDAYATUN THOYYIBAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui seberapa jauh peningkatan minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran administrasi infrastruktur jaringan kelas XI TKJ di SMKN 1 Praya setelah diterapkan model pembelajaran blended learning. Mengetahui perbedaan minat dan hasil belajar siswa dari hasil pretest dan posttest yang diberikan kepada siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian bentuk eksperimen dengan desain Pre-Eksperimental Design bentuk One-Grup Pretest Posttest Design. Tempat penelitian dilakukan di SMKN 1 Praya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TKJ 1, perlakuan diberikan pada kelas eksperimen dengan memberikan model pembelajaran blended learning. Hasil belajar tersebut berupa nilai pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan untuk mendeskripsikan data yaitu dengan teknik analisis deskriptif yang terdiri dari: modus, median, mean, varians, dan standar deviasi. Kemudian dilaukan uji persyaratan analisis dengan uji homogenitas dan uji normalitas. Kemudian untuk menguji hipotesis digunakan statistik parametris dengan uji ttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh minat belajar siswa yang signifikan diperoleh nilai -Thitung<-Ttabel yaitu (-15,591 < -2,045) pada mata pelajaran administrasi infrastruktur jaringan di SMKN 1 Praya setelah diterapkannya model pembelajaran blended learing. Sedangkan hasil belajar diperoleh nilai -Thitung<-Ttabel yaitu (-8,658 < -2,045), seingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh hasil belajar setelah diterapkannya model pembelajaran blended learning. Kata Kunci : Blended Learning, Minat Belajar, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Informatika
Depositing User: A.Md.Kom. Ardian Rizka Zalkarnain
Date Deposited: 22 Feb 2021 06:41
Last Modified: 22 Feb 2021 06:41
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4283

Actions (login required)

View Item View Item