PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI BERBANTU MEDIA PACKET TRACER TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI INFRASTRUKTUR JARINGAN KELAS Xl TKJ DI SMKN 1 PRAYA TAHUN AJARAN 2019/2020

JANNAH, HUDRIATUL (2019) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI BERBANTU MEDIA PACKET TRACER TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI INFRASTRUKTUR JARINGAN KELAS Xl TKJ DI SMKN 1 PRAYA TAHUN AJARAN 2019/2020. Diploma thesis, UNIVERSITAS HAMZANWADI.

[img] Text
SKRIPSI HUDRI HUDRIATUL JANNAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan:(1) untuk mengetahui hasil penerapan metode demonstrasi berbantuan media packet tracer terhadap keaktifan belajar pesera didik, (2) untuk mengetahui hasil penerapan metode demonstrasi berbantuan media packet tracer terhadap hasil belajar pesera didik pada mata pelajaran administrasi infrastruktur jaringan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan posttest control only desain. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XI TKJ yang berjumlah 56. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI TKJ 1 yang berjumlah 30 peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol 26 peserta didik dengan menggunakan teknik sampel jenuh. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu tes dan lembar observasi. Tes digunakan untuk mengukur hasil belajar peserta didik dan lembar observasi digunakan untuk mengukur keaktifan belajar peserta didik. Teknik analisis yang digunakan adalah uji Independent Sample T Test dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1): metode pembelajaran Demonstrasi berbantuan media packet tracer yang telah ditepkan berpengaruh terhadap keaktifan belajar peserta didik dengan nilai signifikansi ρ<5% (0,000<0,05) dan nilai Thitung>Ttabel yaitu (6,766>1,673); (2) metode pembelajaran Demonstrasi berbantuan media packet tracer yang telah diterapkan berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik dengan nilai signifikansi ρ<5% (0,000<0,05) dan nilai Thitung>Ttabel (10,113>1,673). Sehingga dapat disimpulkan pebnerapan metode demostrasi berbantuan media packet tracer beroengaruh terhadap keaktifan dan hasil belajara peserta didik pada pembelajaran administrasi infrastruktur jaringan peserta didik kelas XI TKJ di SMKN 1 Praya. Kata Kunci : Metode Pembelajaran Demonstrasi, Packet Tracer, Keaktifan Belajar, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Pembelajaran Kelas > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Informatika
Depositing User: A.Md.Kom. Ardian Rizka Zalkarnain
Date Deposited: 22 Feb 2021 07:35
Last Modified: 22 Feb 2021 07:35
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4284

Actions (login required)

View Item View Item