PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN MEDIA CERITA BERGAMBAR SISWA KELAS III SDN 05 PRINGGAJURANG TAHUN PELAJARAN 2018 / 2019

MAINI, MAINI (2018) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN MEDIA CERITA BERGAMBAR SISWA KELAS III SDN 05 PRINGGAJURANG TAHUN PELAJARAN 2018 / 2019. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
skripsi full.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Oleh : Maini Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan menggunakan media cerita bergambar siswa kelas III SD Negeri 05 Pringgajurang, Kecamatan Montong Gading Lombok Timur, Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar ( PGSD), Universitas Hamzanwadi Selong tahun 2018, 80 Halaman. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas merupakan suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan,yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersama. Tindakan tersebut diberikan oleh guru atau dengan arahan dari guru yang dilakukan oleh siswa. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik Sekolah Dasar Negeri 05 Pringgajurang Kecamatan Montong Gading, Tahun Pelajaran 2017/2018. Adapun jumlah anak didik Kelas III SD Negari 05 Pringgajurang adalah 28 anak. Penelitian ini bersifat reflektif partisipasif, kolaboratif,dan spiral. Data ini dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian pembelajaran membaca melalui cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan prosentase membaca siswa sebesar 32,14%, peningkatan membaca siklus I 78,57%,dan peningkatan pada siklus II 100%. Oleh karena itu penggunaan media cerita bergambar merupakan media yang efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa. Hal ini karena media cerita bergambar merangsang anak untuk berfikir kreatif, perhatian anak terhadap proses pembelajaran makin panjang, anak mampu mengoordinasikan kemampuan diri atau melatih kepercayaan diri pada anak, merangsang imajinasi anak, dan menambah perbendaharaan kata . Kata Kunci :” Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan”

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Zohratul Hasanah
Date Deposited: 23 Feb 2021 03:50
Last Modified: 23 Feb 2021 03:50
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4299

Actions (login required)

View Item View Item