PENGARUH SETRATEGI TIME TOKEN ARENDS TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS III SDN 2 TEBABAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018

FITRIANA, MANDELA (2018) PENGARUH SETRATEGI TIME TOKEN ARENDS TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS III SDN 2 TEBABAN TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Diploma thesis, Universitas Hamzanwadi.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (19MB)

Abstract

ABSTRAK MANDELAFITRIANA (NPM: 13110033): “Pengaruh Strategi Time Token Arends Terhadap Kemampuan Berbicara pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas III SDN 2 Tebaban Tahun Pembelajaran 2017/2018. Skripsi Universitas Hamzanwadi: Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar (PGSD), 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh Penerapan strategi time token arends terhadap kemampuan berbicara peserta didik kelas III SDN 2 Tebaban. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Quasi Eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Metode eksperimen berarti metode percobaan untuk mempelajari pengaruh dari variable tertentu terhadap variabel yang lain, melalui uji coba dalam kondisi khusus yang sengaja diciptakan. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas III SDN 2 Tebaban semester I Tahun Ajaran 2017/2018. Sampelnya terdiri dari 1 kelas yaitu 15 siswa sebagai sampel kelas eksperimen dan sisanya yaitu 15 siswa sebagai kelas kontrol. Sampel diambil dengan menggunakan sampel random sampling teknik acak kelas dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata didalam populasi itu, Teknik ini akan dilakukan dengan cara ordinal, yaitu memilih nomor-nomor genap atau gasal atau kelipatan. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Teknik tes, Tes yang dimaksud adalah tes lisan (kemampuan berbicara) yaitu berupa sejumlah pertanyaan yang diajukan secara lisan tentang aspek-aspek yang ingin diketahui keadaannya dari jawaban yang diberikan secara lisan pula. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif, Oleh karena itu, data yang dikumpulkan berupa angka-angka yang didapat dari pemberian tugas berbicara dan diberi nilai-nilai dari setiap responden/subjek penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa hasil penelitian nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 78 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 62. Hasil analisa data untuk uji–t yang telah diuraikan bahwah hasilnya 2,000851 dengan ttabel adalah 1,70113. Terbukti thit>ttabel atau dapat dituliskan 2,000851>1,70113. Demikian dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan dan Pembelajaran > Teknologi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Zohratul Hasanah
Date Deposited: 23 Feb 2021 05:00
Last Modified: 23 Feb 2021 05:00
URI: http://eprints.hamzanwadi.ac.id/id/eprint/4300

Actions (login required)

View Item View Item